GAMBARAN KARAKTERISTIK IBU TERHADAP KEJADIAN STUNTING PADA ANAK USIA 24-59 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GUNUNGTUA, KECAMATAN PADANG BOLAK, KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA TAHUN 2020

Farhan, Fachriza Khairul (2022) GAMBARAN KARAKTERISTIK IBU TERHADAP KEJADIAN STUNTING PADA ANAK USIA 24-59 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GUNUNGTUA, KECAMATAN PADANG BOLAK, KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover Dan Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (465kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (356kB)
[img] Text (Bab 6 Penutup)
Bab 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (352kB)
[img] Text (Full Text)
Full text with turnitin.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Stunting merupakan salah satu kondisi yang sering terjadi di masyarakat. Ibu menjadi salah satu faktor yang sangat mempengaruhi keadaan gizi seorang anak. Tingkat pendidikan ibu, Tinggi badan ibu, pengetahuan ibu tentang MPASI dan Status gizi ibu pada saat hamil mempengaruhi pertumbuhan dari seorang anak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran karakteristik ibu terhadap kejadian stunting pada anak usia 24-59 bulan di wilayah kerja Puskesmas Gunungtua, kecamatan Padang Bolak, kabupaten Padang Lawas Utara tahun 2020. Jenis penelitian yang dilakukan berupa penelitian deskriptif retrospektif dengan desain cross-sectional. Penelitian ini dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Gunungtua dengan jumlah sampel sebanyak 173 orang anak yang menderita stunting dan memenuhi kriteria inklusi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu buku KIA dan kuesioner, kemudian dianalisis dengan analisis univariat. Hasil penelitian ini didapatkan sebanyak 251 anak (13,3%) di wilayah kerja puskesmas Gunungtua mengalami stunting. Sebanyak 105 ibu (60,7%) dari anak yang menderita stunting memiliki pendidikan tinggi dengan 108 ibu (62,4%) memiliki tinggi badan ≥ 150 cm. 99 ibu (57,2%) memiliki pengetahuan yang rendah tentang MPASI. 157 ibu (90,8%) dari anak yang menderita stunting memiliki LILA ≥ 23,5 cm pada saat kehamilan . Kesimpulan dari penelitian ini yaitu angka kejadian stunting di wilayah kerja Puskesmas Gunungtua cukup tinggi. Umumnya ibu yang memiliki anak stunting memiliki tingkat pendidikan tinggi, Kebanyakan ibu memiliki tinggi badan yang normal. Sebagian besar ibu memiliki status gizi yang baik berdasarkan LILA dan lebih dari setengah ibu memiliki tingkat pengetahuan yang rendah tentang MPASI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Nice Rachmawati Masnadi, Sp.A(K)
Uncontrolled Keywords: Stunting Ibu Gizi
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 29 Jul 2022 07:26
Last Modified: 29 Jul 2022 07:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108008

Actions (login required)

View Item View Item