Pemberdayaan Masyarakat dalam Pelatihan Kewirausahaan Melalui Program Corporate Social Responsibility pada Bank Jawa Barat Banten

Azvega, Syahrilla (2022) Pemberdayaan Masyarakat dalam Pelatihan Kewirausahaan Melalui Program Corporate Social Responsibility pada Bank Jawa Barat Banten. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (74kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (744kB)
[img] Text (Bab VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (45kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (247kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana mekanisme kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam pelatihan kewirausahaan melalui Corporate Social Responsibility (CSR) pada Bank Jawa Barat Banten. CSR merupakan suatu mekanisme perusahaan untuk mengintegrasikan perhatiannya terhadap lingkungan sosial ke dalam operasi dan melakukan interaksi dengan pemangku kepentingan yang akan melampaui tanggung jawab sosial dalam bidang hukum. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi perekonomian masyarakat khususnya masyarakat di level terendah yang perlu ditingkatkan kemampuannya dalam hal peningkatan kompetensi di bidang kewirausahaan agar mampu berpartisipasi di bidang perekonomian masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat di Jawa Barat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis program pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan pelatihan kewirausahaan yang dibiayai oleh dana Corporate Social Responsibility (CSR) pada Bank Jawa Barat Banten. Penelitian ini mendeskripsikan fenomena yang ditemukan di lapangan dengan menggunakan Teori Pemberdayaan Masyarakat oleh Suharto melalui penerapan pendekatan pemberdayaan melalui pendekatan 5P, yaitu: Pemungkinan, Penguatan, Perlindungan, Penyokongan dan Pemeliharaan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi, sedangkan dalam pemilihan informan digunakan teknik purposive sampling yang selanjutnya menggunakan teknik keabsahan data triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pemberdayaan masyarakat dalam pelatihan kewirausahaan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) pada Bank Jawa Barat Banten telah dilaksanakan dengan baik melalui penerapan dengan cara pendekatan pola pemberdayaan oleh Suharto yaitu 5P yang meliputi Pemungkinan, Penguatan, Perlindungan, Penyokongan, dan Pemeliharaan. Adapun dari kelima aspek tersebut terdapat aspek yang dinyatakan telah diterapkan dengan baik yaitu aspek pemungkinan, aspek penguatan, dan aspek perlindungan. Sedangkan untuk aspek penyokongan dan aspek pemeliharaan perlu untuk ditingkatkan terutama dalam menjaga keseimbangan memberikan peluang dan kesempatan yang sama kepada anggota agar mereka mampu berusaha dengan sebaik mungkin dan meningkatkan kesejahteraan dan penghasilannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Yoserizal, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, CSR, Pelatihan Kewirausahaan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 26 Jul 2022 04:51
Last Modified: 26 Jul 2022 04:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/107727

Actions (login required)

View Item View Item