Hambatan Resiliensi Keluarga Dalam Merawat Penderita Skizofrenia Di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kota Padang Tahun 2021

Arsil, Rasyid Amanda (2022) Hambatan Resiliensi Keluarga Dalam Merawat Penderita Skizofrenia Di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kota Padang Tahun 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (29kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf

Download (105kB)
[img] Text (BAB 6 Penutup)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (51kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skizofrenia merupakan keadaan di mana pikiran tidak berhubungan secara logis satu sama lain, terdapat perbedaan persepsi dan perhatian yang salah, berefek datar, dan mengganggu aktivitas motorik sehingga berperilaku aneh. Dalam melakukan aktivitas penderita skizofrenia membutuhkan caregiver untuk membantu dalam pemenuhan aktivitas hidup sehari hari. Caregiver adalah orang terdekat penderita dan merupakan keluarga yang merawat penderita skizofrenia. Riset menunjukkan bahwa terdapat beberapa hambatan yang dirasakan caregiver karena harus merawat penderita skizofrenia selama bertahuntahun rawatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hambatan resiliensi keluarga dalam merawat penderita skizofrenia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, jumlah sampel sebanyak 7 partisipan dengan analisis data menggunakan metode Colaizi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga tema hambatan resiliensi keluarga dalam merawat penderita skizofrenia di wilayah kerja Puskesmas Andalas Kota Padang Tahun 2021, yaitu 1) Pengobatan Tidak Efektif 2) Kekambuhan 3) Kurang Dukungan. Berdasarkan tema tema yang telah di temukan dalam penelitian ini diharapkan tenaga kesehatan mampu memberikan konseling ataupun pendidikan kesehatan kepada caregiver dan keluarga baik dirumah sakit pada saat penderita dipulangkan maupun dimasyarakat yang bertujuan untuk meminimalisir hambatan yang dirasakan oleh caregiver.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:01
Last Modified: 20 Jul 2022 07:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/107478

Actions (login required)

View Item View Item