HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN AYAH DENGAN PEMBERIAN IMUNISASI DASAR LENGKAP PADA BAYI DI KELURAHAN PASIA NAN TIGO WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK BUAYA PADANG TAHUN 2022

Savita, Kholifatunnisa (2022) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN AYAH DENGAN PEMBERIAN IMUNISASI DASAR LENGKAP PADA BAYI DI KELURAHAN PASIA NAN TIGO WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK BUAYA PADANG TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (228kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (223kB)
[img] Text (Bab 7 Penutup)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (220kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
2022 Skripsi 1710313065 Savita Kholifatunnisa.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Imunisasi sebagai strategi preventif untuk menurunkan angka kematian bayi. Puskesmas Lubuk Buaya memiliki capaian imunisasi dasar lengkap terendah di Kota Padang Tahun 2019. Salah satu faktor yang mempengaruhi imunisasi dasar lengkap pada bayi adalah pengetahuan, sikap dan tindakan ayah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan, sikap dan tindakan ayah dengan pemberian imunisasi dasar lengkap pada bayi di Kelurahan Pasia Nan Tigo wilayah kerja Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang tahun 2022. Desain penelitian ini adalah cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Pasia Nan Tigo Kota Padang. Pengumpulan data dilakukan pada bulan April hingga Mei 2022. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 69 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dipilih berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditetapkan oleh peneliti. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang diberikan kepada responden. Hasil uji chi-square berdasarkan analisis cross tab didapatkan tingkat pengetahuan ayah (p = 0,001), sikap ayah (p = 0,014) dan tindakan ayah (p = 0,006). Hasil ini menunjukkan tiap variabel memiliki nilai p < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara pemberian tingkat pengetahuan, sikap dan tindakan ayah dengan pemberian imunisasi dasar lengkap pada bayi di Kelurahan Pasia Nan Tigo. . Variabel yang paling berpengaruh ialah pengetahuan ayah dengan nilai p = 0,001.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Ida Rahmah Burhan, MARS
Uncontrolled Keywords: Imunisasi dasar lengkap, pengetahuan ayah, sikap ayah, tindakan ayah
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:27
Last Modified: 19 Jul 2022 04:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/107405

Actions (login required)

View Item View Item