IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SURVEI KONDISI JALAN KABUPATEN MENGGUNAKAN METODE PENILAIAN BINA MARGA DI KECAMATAN VII KOTO DAN IV NAGARI KABUPATEN SIJUNJUNG

Achmad, Sani Firdaus (2022) IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SURVEI KONDISI JALAN KABUPATEN MENGGUNAKAN METODE PENILAIAN BINA MARGA DI KECAMATAN VII KOTO DAN IV NAGARI KABUPATEN SIJUNJUNG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
01-Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (302kB)
[img] Text (BAB 1)
02-BAB 1.pdf - Published Version

Download (389kB)
[img] Text (BAB 5)
03-BAB 5.pdf - Published Version

Download (222kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
04-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (222kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
05-Tugas Akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)

Abstract

Belakangan ini sering ditemukan jalan yang kondisinya kurang terawat atau bahkan sudah tidak layak. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya sistem drainase yang tidak baik sehingga mengakibatkan penurunan kualitas pelayanan jalan tersebut. Dengan menurunnya kualitas pelayanan jalan akan mengakibatkan penuruan pelayanan jalan tersebut mengakibatkan keadaan, keamanan dan kenyaman jalan menurun. Dalam menjaga kualitas pelayanan dari jalan tersebut maka diperlukan suatu usaha, salah satunya melakukan evaluasi kodisi permukaan dengan cara penilaian kondisi telah ada. Dari nilai kondisi tersebut dapat dijadikan sebagai acuan pada program yang akan diperlukan dalam penanganan jalan yang sesuai pada jenis kerusakan jalannya. Tujuan dari tugas akhir ini yaitu mengimplementasikan survei kondisi jalan dikabupaten Sijunjung, Sumatera Barat dengan metode Bina Marga berdasarkan panduan Survei Kondisi Jalan Nomor : SMD�03/RCS (2011) dan menggambarkan kondisi jalan secara structural dengan menentukan nilai besaran Surface Distress Index (SDI) dan Road Condition Index (RCI). Serta memberi evaluasi dari pelaksanaan survei sebelumnya untuk dijadikan usulan survei kondisi jalan selanjutnya. Pada penelitian ini menggunakan metode survei dengan mengamati secara visual serta melakukan pengukuran terhadap bagian�bagian jalan guna mendapatkan data kerusakan jalan, kemudian data tersebut diolah dan dianalisa. Berdasarkan hasil penelitian dengan metoda Surface distress Index dan Road Condition Index didapatkan kesimpulan kondisi jalan pada Kecamatan VII Koto dan IV Nagari. Jalan berkondisi Baik : 44,38 Km (31,12%) dengan penangannya pemeliharaan rutin, Jalan berkondisi Sedang : 25,10 Km (17,60%) dengan penangannya pemeliharaan rutin, Jalan berkondisi Rusak Ringan : 13,85 Km (9,71%) dengan penangannya pemeliharaan berkala, Jalan berkondisi Rusak berat : 59,30 Km (41,58%) dengan penangannya pemeliharaan/rekontruksi.Penambahan informasi geografis pada pengolahan data peta dari hasil tracking jalan Kabupaten Sijunjung, ditambahkan data seperti tipe perkerasan jalan serta kondisi jalan pada atributnya serta tambahan foto geotagging pada peta.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Bayu Martanto Adji, Ph.D
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 08 Jul 2022 08:20
Last Modified: 08 Jul 2022 08:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/107231

Actions (login required)

View Item View Item