TANGGUNGJAWAB PT. POS INDONESIA (PERSERO) ATAS TERJADINYA WANPRESTASI DALAM PELAKSANAAN PENGIRIMAN BARANG (Studi Kasus PT. Pos Indonesia (Persero) cabang Kota Padang)

Yanti, Siti Yuli (2022) TANGGUNGJAWAB PT. POS INDONESIA (PERSERO) ATAS TERJADINYA WANPRESTASI DALAM PELAKSANAAN PENGIRIMAN BARANG (Studi Kasus PT. Pos Indonesia (Persero) cabang Kota Padang). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (224kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (440kB)
[img] Text (BAB IV PENUTUP)
BAB IV PENUTUP.pdf - Published Version

Download (192kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (309kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK PT. Pos Indonesia (Persero) cabang Kota Padang merupakan perushaan penyedia jasa yang memberikan pelayanan pengiriman barang dengan mementingkan keamanan dan keselamatan barang kiriman ke tempat tujuan dengan tepat waktu. Akan tetapi, pelaksanaan pengiriman barang yang dilakukan oleh PT. Pos Indonesia (Persero) cabang Kota Padang terhadap customer sewaktu-waktu dihadapkan pada permasalahan perjanjian pengiriman barang yang tidak terlaksana dengan baik dan terjadinya wanprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk wanprestasi yang terjadi serta bagaimana pengaturan dan pelaksanaan tanggungjawab oleh pihak PT. Pos Indonesia (persero). Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan studi kepustakaan serta penelitian ini dilakukan secara kualitatif yang mana jumlah customer complaint yang diperoleh tidak terlalu terperinci secara keseluruhan jumlahnya namun hanya didapatkan pada beberapa saja. Hasil penelitian ini menunjukkan kepada bentuk-bentuk wanprestasi yang timbul akibat permasalahan perjanjian pengiriman barang seperti keterlambatan pengiriman barang, kerusakan barang, rusak barang sebagian, rusak barang seluruhnya, kehilangan barang, dan hilang barang sebagian. PT. Pos Indonesia (Persero) cabang Kota Padang selaku pihak pengangkut umum memberikan ganti rugi sebesar 25% x biaya ongkos kirim untuk permasalahan keterlambatan barang, sedangkan untuk kerusakan dan kehilangan barang diberikan ganti rugi sebesar 100% x nilai pertanggungan barang kiriman serta untuk biaya pengiriman dibayarkan sebanyak 1x oleh pihak perusahaan. Kata kunci : PT. Pos Indonesia (Persero) cabang Kota Padang, wanprestasi, Pengangkutan, Tanggungjawab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: SITI YULI YANTI, S.H.
Uncontrolled Keywords: PT. Pos Indonesia (Persero) cabang Kota Padang, wanprestasi, Pengangkutan, Tanggungjawab.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 08 Jul 2022 04:30
Last Modified: 08 Jul 2022 04:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/107159

Actions (login required)

View Item View Item