IMPLEMENTASI PESAN PERSUASIF PADA AKTIVITAS DIGITAL MARKETING DALAM AKUN INSTAGRAM BISNIS OLEH ANGGOTA ENTREPRENEUR MUDA UNIVERSITAS ANDALAS

NURUL, ANISA (2022) IMPLEMENTASI PESAN PERSUASIF PADA AKTIVITAS DIGITAL MARKETING DALAM AKUN INSTAGRAM BISNIS OLEH ANGGOTA ENTREPRENEUR MUDA UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK NURUL ANISA.pdf - Published Version

Download (394kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I NURUL ANISA.pdf - Published Version

Download (148kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V NURUL ANISA.pdf - Published Version

Download (89kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA NURUL ANISA.pdf - Published Version

Download (463kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI NURUL ANISA FINAL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Universitas Andalas sebagai universitas terbesar di Sumatera Barat memiliki himpunan pebisnis dari kalangan mahasiswa dan alumni yang terhimpun ke dalam sebuah grup WhatsApp yang bernama Entrepreneur Muda. Dapat dikatakan bahwa seluruh anggota Entrepreneur Muda tersebut sudah memasarkan produk atau jasanya melalui digital marketing khususnya di media sosial Instagram. Namun, terlihat bahwa belum semua anggota Entrepreneur Muda tersebut mampu memasarkan atau menampilkan produk atau jasanya tersebut dengan baik dan menarik di Instagram. Fokus penelitian ini adalah untuk melihat implementasi pesan persuasif yang dilakukan oleh anggota Entrepreneur Muda pada aktivitas digital marketing melalui media sosial Instagram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pesan persuasif yang dilakukan oleh anggota Entrepreneur Muda dalam memasarkan produk atau jasanya di Instagram dan untuk mengetahui hambatan yang dihadapinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian naratif. Peneliti memperoleh data penelitian melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah Model Pengetahuan Persuasi. Informan dalam penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling dan keabsahan data diperoleh dengan menggunakan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menarik kesimpulan bahwa implementasi pesan persuasif yang dilakukan informan penelitian dalam bisnisnya sudah tampak konsisten, informan penelitian juga sudah cukup memahami dengan baik bagaimana penyampaian pesan persuasif di Instagram yang efektif untuk bisnis mereka. Hambatan yang ditemukan dari implementasi pesan persuasif pada penelitian ini adalah hambatan teknis yang berasal dari fitur dan penggunaan dari Instagram itu sendiri serta minimnya kreatifitas informan dalam mengembangkan pesan persuasif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing, Instagram, Komunikasi Persuasif, Model Pengetahuan Persuasi, Pesan Persuasif
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 06 Jul 2022 08:14
Last Modified: 06 Jul 2022 08:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/107080

Actions (login required)

View Item View Item