Proses Komunikasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Program Forum Nagari oleh CSR PT Semen Padang

Mega, Sri Wardani (2022) Proses Komunikasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Program Forum Nagari oleh CSR PT Semen Padang. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (246kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (236kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (241kB)
[img] Text (Full Text)
Full tesis mega.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan program Forum Nagari oleh CSR PT Semen Padang; (2) menganalisis proses komunikasi dalam program Forum Nagari oleh CSR PT Semen Padang; (3) menganalisis partisipasi masyarakat dalam program Forum Nagari oleh CSR PT Semen Padang; serta (4) menganalisis hubungan proses komunikasi dan partisipasi terhadap citra positif perusahaan melalui program Forum Nagari oleh CSR PT Semen Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan dua tahap pengumpulan data (multistage sampling). Tahap pertama, Forum Nagari sebagai cluster dipilih secara sensus sebanyak 12 cluster, kemudian sampel dipilih secara sengaja sebanyak 5 responden di masing-masing cluster, dengan kriteria penerima manfaat ekonomi atau non-fisik dari program Forum Nagari tahun 2020. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara menggunakan kuesioner terhadap 60 penerima manfaat. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif, berupa pemberian skor menggunakan skala likert dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Program Forum Nagari atau disebut juga program Bersinergi Membangun Nagari (BMN) merupakan program CSR PT Semen Padang yang dilakukan secara bottom-up. Forum Nagari bertujuan menjadi wadah pemberdayaan masyarakat. Ada beberapa tahapan yang dilakukan, yakni pengorganisasian Forum Nagari, social mapping, Muskito (Musyawarah Kito) dan monitoring dan evaluasi. Dalam setiap tahapan tersebut masyarakat diberikan kesempatan untuk berpartisipasi aktif. (2) Proses komunikasi yang terjadi dalam program Forum Nagari berlangsung dua arah, intensitas tinggi, serta konvergen dengan total skor 80% yang menunjukkan bahwa proses komunikasi yang terjadi merupakan proses komunikasi partisipatif atau bottom-up yang sesuai untuk program pemberdayaan masyarakat. (3) Partisipasi mendapatkan total skor 83%, yang artinya partisipasi masyarakat penerima manfaat dalam program CSR PT Semen Padang sangat tinggi dengan terpenuhinya tiga syarat tumbuhnya partisipasi, yaitu kesempatan, kemampuan dan kemauan. (4) Proses komunikasi dan partisipasi secara bersama-sama mempengaruhi citra positif perusahaan melalui kegiatan CSR sebesar 75,1%. Secara parsial, proses komunikasi berpengaruh nyata terhadap partisipasi dan berpengaruh tidak langsung terhadap citra positif perusahaan, sementara partisipasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap citra positif perusahaan. Kata Kunci: Proses Komunikasi, Partisipasi, Program Forum Nagari

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Basril Basyar, MM
Uncontrolled Keywords: Proses Komunikasi, Partisipasi, Program Forum Nagari
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu penyuluhan
Date Deposited: 06 Jul 2022 04:54
Last Modified: 06 Jul 2022 04:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/107020

Actions (login required)

View Item View Item