Kajian Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Padang Panjang

Nurul, Qalbi Desri (2022) Kajian Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Padang Panjang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text (Bab Akhir)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
FULL TEXT SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)

Abstract

Kepuasan pasien merupakan salah satu tolak ukur untuk mengetahui kualitas mutu pelayanan kefarmasian di suatu rumah sakit. Adanya tuntutan dari masyarakat terhadap pelayanan mutu kefarmasian mengakibatkan terjadinya perubahan dari pelayanan drug oriented menjadi patient oriented yang akan menuntut petugas kefarmasian untuk melakukan perbaikan dan meningkatkan kualitas baik dari segi pengetahuan, keterampilan dan perilaku dalam pelayanan kefarmasian sehingga menciptakan kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Rawat Jalan RSUD Kota Padang Panjang dan hubungannya dengan karakteristik sosiodemografi (jenis kelamin, umur, pendidikan dan pekerjaan) pasien. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan pada 365 pasien yang menebus obat di Apotek Rawat Jalan RSUD Kota Padang Panjang dari bulan Februari sampai bulan April 2022. Tingkat kepuasan pasien diukur dengan instrument kuesioner Larson. Uji non parametrik Mann Whitney dan Kruskall Wallis digunakan untuk mengetahui hubungan antara jenis kelamin dan pekerjaan dengan tingkat kepuasan pasien serta uji Spearman rank digunakan untuk mengetahui umur dan pendidikan dengan tingkat kepuasan pasien. Hasil penelitian menunjukkan pasien terbanyak berdasarkan karakteristik sosiodemografi yaitu perempuan (64,4%), kelompok pra lanjut usia (45,2%), pendidikan terakhir SMA (41,1%), dan status pekerjaan mengurus rumah tangga (31,8%). Secara umum tingkat kepuasan adalah puas dengan rata- rata kepuasan sebesar 3,49. Pada dimensi Friendly explanation sebesar 3,69 dan dimensi Managing therapy sebesar 3,25. Terdapat hubungan antara umur, pendidikan, dan pekerjaan dengan kepuasan pasien (p<0,05) dan tidak terdapat hubungan antara jenis kelamin dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian (p>0,05).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: apt. Dian Ayu Juwita, S.Farm, M.Farm
Uncontrolled Keywords: pelayanan kefarmasian, kepuasan pasien, karaktersitik sosiodemografi pasien, apotek rawat jalan
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 04 Jul 2022 08:15
Last Modified: 04 Jul 2022 08:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106883

Actions (login required)

View Item View Item