Pengaruh Stres Kerja dan Religiusitas terhadap Komitmen Organisasional yang Dimediasi oleh Kepuasan Kerja pada Perawat Rumah Ibnu Sina Bukittinggi

Febi, Dayanti (2022) Pengaruh Stres Kerja dan Religiusitas terhadap Komitmen Organisasional yang Dimediasi oleh Kepuasan Kerja pada Perawat Rumah Ibnu Sina Bukittinggi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
cover dan abstrak .pdf - Published Version

Download (622kB)
[img] Text (Bab 1 pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (443kB)
[img] Text (Bab 5 penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (264kB)
[img] Text (Full Skripsi)
full skripsi Febi Dayanti.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres kerja dan religiusitas terhadap komitmen organisasional yang dimediasi oleh kepuasan kerja pada perawat Rumah Sakit Ibnu Sina Bukittinggi. Populasi pada penelitian ini sebanyak 191 orang perawat yang ada di Rumah Sakit Ibnu Sina Bukittinggi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling dengan metode dari Isac dan Michael sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 127 orang. Analisis pengolahan data pada penelitian ini menggunakan skala likert 1-5 poin dan pengujian hipotesis penelitian menggunakan teknik PLS atau partial least squares dengan bantuan program SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasional perawat. Selanjutnya, religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja perawat. Namun, religiusitas tidak berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasional perawat. Variabel kepuasan kerja pada penelitian ini dapat memediasi secara parsial pengaruh stres kerja terhadap komitmen organisasional dan kepuasan kerja dapat memediasi secara penuh pengaruh religiusitas terhadap komitmen organisasional perawat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: komitmen organisasional, kepuasan kerja, stres kerja, religiusitas, perawat
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S1 Manajemen Fakultas Ekonomi
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:17
Last Modified: 04 Jul 2022 07:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106868

Actions (login required)

View Item View Item