Novita, Indri Hasibuan (2021) PENGARUH PANDEMI COVID-19 TERHADAP POLA BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 PADANG TAHUN AJARAN 2021/2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
TEXT (COVER DAN ABSTRAK).pdf - Published Version Download (141kB) |
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (272kB) |
|
Text (Penutup/kesimpulan)
PENUTUP KESIMPULAN.pdf - Published Version Download (102kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (146kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
TUGAS AKHIR FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Novita Indri Hasibuan, 1710821017, “Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Pola Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Padang Tahun Ajaran 2021/2022”. Pembimbing I : Dr. Lucky Zamzami, M.Soc.Sc dan Pembimbing II : Dra. Yunarti, M. Hum. Jurusan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas. Penelitian ini menganalisis tentang pengaruh pandemi Covid-19 terhadap pola belajar siswa kelas XI SMA Negeri 9 Padang Tahun Ajaran 2021/2022. Pandemi Covid-19 memberikan pengaruh terhadap pola belajar siswa yang mengharuskan siswa kelas XI SMA Negeri 9 Padang merubah pola belajarnya dari luring menjadi daring. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan pola belajar yang digunakan oleh siswa kelas XI SMA Negeri 9 Padang selama masa pandemi Covid-19 serta mendeskripsikan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat proses pembelajaran pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Padang selama masa pandemi Covid-19 terkait dengan keluarnya kebijakan dari Kemendikbud. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam penelitian ini pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, setelah data terkumpul kemudian di analisis melalui reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pemerintah melakukan berbagai cara agar pendidikan dapat terus berjalan seperti biasanya, tertuang dalam Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). Dalam surat edaran ini pemerintah akhirnya menerapkan sistem pembelajaran secara daring untuk pendidikan di Indonesia sementara waktu, hal ini tentu menyebabkan siswa harus merubah pola belajarnya dari tatap muka menjadi daring. Aplikasi yang mendukung pembelajaran daring di SMA Negeri 9 Padang yaitu aplikasi google meet, google classroom dan whatsapp. Strategi yang digunakan guru dalam sistem pembelajaran ini yaitu dengan metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan pemberian tugas. Namun pembelajaran daring yang dilakukan tidaklah efektif seperti yang dibayangkan, dalam proses pembelajaran yang dilakukan terdapat berbagai faktor yang mempengaruhinya. Pertama adalah faktor-faktor yang mendukung pembelajaran daring yaitu adanya bantuan kuota internet, KIP, Dana BOS, PIP, Supsidi upah bagi guru dan pemakaian sarana dan prasarana sekolah. Kedua adalah faktor-faktor yang menghambat proses pembelajaran daring yaitu kuota internet yang terbatas, jaringan yang tidak mendukung, kurang tanggapnya siswa maupun guru terhadap media teknologi serta kurangnya motivasi belajar bagi siswa. Kata kunci : Pengaruh, Pandemi Covid-19, Pola Belajar, Siswa, Faktor
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi |
Depositing User: | s1 antropologi sosial |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 07:49 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 07:49 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106857 |
Actions (login required)
View Item |