PENINGKATAN KAPASITAS CEMENT MILL INDARUNG VI DENGAN PENURUNAN FREKUENSI VIBRASI MAKSIMUM MILL DAN ALARM HIGH LEVEL BUCKET ELEVATOR

Muhammad, Ikhlas (2021) PENINGKATAN KAPASITAS CEMENT MILL INDARUNG VI DENGAN PENURUNAN FREKUENSI VIBRASI MAKSIMUM MILL DAN ALARM HIGH LEVEL BUCKET ELEVATOR. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak Muhammad Ikhlas.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1 Muhammad Ikhlas.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (Penutup)
Penutup Muhammad Iklas.pdf - Published Version

Download (354kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Muhammad iklas.pdf - Published Version

Download (371kB)
[img] Text (Laporan)
Laporan Muhammad Ikhlas.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Cement Mill Indarung VI yang berada dibawah Departemen Produksi VI mulai beroperasi pada kuartal keempat tahun 2016 dengan kapasitas rata-rata 265 tph. Pada tahun 2017 terutama pada semester II 2017 permintaan semen meningkat, yang menyebabkan Cement Mill dituntut berproduksi maksimal dengan frekuensi stop lebih rendah. Berdasarkan parameter operasi cement mill, terdapat peluang menaikkan kapasitas produksi. Untuk itu dilakukan inovasi yang bertujuan untuk menaikkan kapasitas Cement Mill Indarung VI dengan target 280 tph. Inovasi dilakukan dengan metode PDCA (Plan Do Check Act) dan teknik TQM (total quality management). Dalam usaha menaikkan kapasitas tersebut ditemukan kendala yang mengganggu operasional. Ada dua kendala utama yang menghambat kenaikan kapasitas Cement Mill yaitu vibrasi maksimum pada mill dan alarm high level pada bottom bucket elevator. Untuk mengatasinya, perlu dilakukan perubahan dan modifikasi baik pada peralatan, program automasi maupun parameter operasi mill. Perubahan gap antara table dan roller mill dan perubahan arah spray water injection berhasil mengurangi downtime mill karena vibrasi maksimum. Untuk menaikkan kapasitas, dilakukan perubahan parameter operasi dengan menaikkan flow mill fan dan menambah tekanan roller. Selanjutnya untuk menghilangkan alarm high level pada bottom elevator dihilangkan dengan mengubah program automasi purging sistem bag house filter dari differensial pressure menjadi timer, menaikkan posisi sensor level high, dan melakukan adjusting belt skirt outlet bucket elevator. Setelah perbaikan dilakukan, frekuensi stop mill akibat vibrasi maksimum turun dari 73 kali menjadi 5 kali (turun 93%) dan alarm high level pada bottom bucket elevator hilang dari 12 kali menjadi 0. Target kenaikan kapasitas dapat dicapai lebih tinggi yaitu 298 tph. Potensi keuntungan yang bisa diperoleh dari kenaikan kapasitas dan running hours adalah Rp. 23.522.400.000 per tahun dan potensi cost saving dari penurunan konsumsi listrik adalah Rp.6.639.720.120 per tahun sehingga total keuntungan yang bisa dihasilkan adalah Rp 30.162.120.120 per tahun. Kata Kunci :Cement Mill, kapasitas, cost saving, keuntungan vibrasi maksimum, alam high bucket elevator, purging system, PDCA, TQM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: Profesi Insinyur Pasca
Date Deposited: 06 Jul 2022 05:10
Last Modified: 06 Jul 2022 05:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106644

Actions (login required)

View Item View Item