PENGUJIAN GAYA SERET (DRAG) ANGIN MELEWATI MODEL 3D PRINTING LOKOMOTIF KERETA API DI TEROWONGAN ANGIN DENGAN VARIASI SUDUT HIDUNG

Luthfi, Alfikri (2022) PENGUJIAN GAYA SERET (DRAG) ANGIN MELEWATI MODEL 3D PRINTING LOKOMOTIF KERETA API DI TEROWONGAN ANGIN DENGAN VARIASI SUDUT HIDUNG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (72kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (BAB akhir (Penutup/Kesimpulan))
BAB akhir (Penutup Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (25kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (94kB)
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
Tugas Akhir Ilmiah utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kereta api merupakan tranfortasi massal yang di gunakan pada saat ini dimana pengunaannya meningkat setiap tahunnya. Konsumsi energi untuk pengerak kereta api mengalami peningkatan setiap tahunnya. Komsumsi energi meningkat karena gaya drag yang tinggi yang berbanding lurus dengan kecepatan kereta api. Penelitian ini berfokus pengaruh variasi sudut hidung yang melewati model 3D printing kepala kereta api di terowongan angin. Tujuan dari penelitian ini ingin model kereta api dengan variasi sudut hidung. Kemudian mendapatkan perangkat uji drag model kereta api pada terowongan angin dan mendapatkan karakteristik drag dan koefisien drag (Cd) terhadap variasi bentuk sudut hidung pada model kereta api. Metode penelitian dengan membuat Model kepala kereta api pada Laboratorium Dinamika Fluida Teknik Mesin Universitas Andalas. Model didesain dengan aplikasi Autodesk Inventor dan diprinting dengan Creality CR-10 S5, filament yang digunakan ST-PLT. Perangkat uji mengunakan load cell dan Arduino Uno dan dispay hasil gaya seret pada Personal Computer .Pengujian dilakukan pada windtunnel untuk mendapatkan gaya drag dengan memvariasikan kecepatan angin sampai dengan 13 m/s ( 10 Hz - 40 Hz frekuensi blower pada wind tunnel) pada setiap model dari setiap model. Hasil penelitian menunjukan gaya drag minimum didapatkan pada model kepala kereta api dengan sudut hidung 15° dengan gaya drag nya 0.15 N, sedangkan gaya drag maksimum pada model kepala kereta api dengan sudut 90° dengan gaya drag 0.55 N. Nilai koefisien drag (Cd) minimum didapatkan pada model lokomotif kereta api dengan sudut hidung 15° dengan nilai koefisien drag (Cd) 0,029, sedangkan nilai koefisien drag (Cd) maksimum pada model lokomotif kereta api dengan sudut 90° dengan nilai koefisien drag (Cd) 0.1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.-Ing. Uyung Gatot S. Dinata
Uncontrolled Keywords: Gaya Drag, Kereta Api, Sudut Hidung, Wind Tunnel, 3D Printing.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 18 Aug 2022 07:37
Last Modified: 18 Aug 2022 07:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106628

Actions (login required)

View Item View Item