Preferensi Masyarakat Tentang Sistem Pembayaran Tunai dan Non Tunai Pada Masa Pandemi (Covid-19) di Kota Padang

Rico, Setiawan (2022) Preferensi Masyarakat Tentang Sistem Pembayaran Tunai dan Non Tunai Pada Masa Pandemi (Covid-19) di Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Text (Cover dan Abstrak).pdf - Published Version

Download (197kB)
[img] Text (BAB 1)
Text (BAB 1).pdf - Published Version

Download (232kB)
[img] Text (BAB V)
Text (BAB V).pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Text (Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (314kB)
[img] Text (Full Text Skripsi)
Text (Full Text Skripsi).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah preferensi atau kecendrungan seseorang didalam menggunakan sistem pembayaran, baik tunai maupun non tunai pada saat bertransaksi, terlebih pada masa pandemi saat sekarang ini. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data Primer berbentuk kuantitatif yang diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan secara daring mengaplikasikan metode random sampling. Dalam menganalisis data menggunakan metode Analisis Deskriptif yang memproses penyederhanaan data kedalam bentuk yang lebih mudah dibaca serta diinterpretasikan. Pada penelitian ini juga memakai alat analisis berupa Statistical Program Social Science (SPSS), serta Tabulasi Silang (Crosstab) untuk mengetahui perbedaan antara variabel dan akan diperoleh persentase serta frekuensi data responden. Berdasarkan hasil survei terhadap 150 orang di Kota Padang, penggunaan uang tunai selama pandemi meningkat sebesar 21,9% (frekuensi pemakaian 5-10x per bulannya) dibandingkan dengan penggunaan uang non tunai sebelum pandemi. Situasi pandemi yang mengharuskan masyarakat membatasi aktivitasnya membuat substitusi transaksi non tunai banyak digunakan dibandingkan dengan transaksi tunai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yessy Andriani, SE, M.IDEC
Uncontrolled Keywords: Sistem Pembayaran, Pembayaran Tunai, Pembayaran non tunai, Pandemi Covid-19, Preferensi, Fintech, E-Money, Permintaan Uang
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: s1 ekonomi pembagunan
Date Deposited: 29 Jun 2022 06:52
Last Modified: 29 Jun 2022 06:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106561

Actions (login required)

View Item View Item