PESAN KOMUNIKASI PERSUASIF SHOPEE PADA PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT (STUDI DESKRIPTIF PADA 5 ORANG MASYARAKAT DI LUBUK BEGALUNG)

Nyai, Nyai Suryati (2022) PESAN KOMUNIKASI PERSUASIF SHOPEE PADA PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT (STUDI DESKRIPTIF PADA 5 ORANG MASYARAKAT DI LUBUK BEGALUNG). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (449kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (178kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku konsumtif terjadi karena masyarakat mempunyai kecenderungan materialistik, hasrat yang besar untuk memiliki benda-benda tanpa memperhatikan kegunaannya atau kebutuhannya dan sebagian besar pembelian yang dilakukan didorong keinginan untuk memenuhi hasrat kesenangan semata. Tujuan penelitian untuk mengetahui pesan komunikasi persuasif Shopee yang menyebabkan masyarakat berperilaku konsumtif. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif, dengan paradigma penelitian adalah konstruktivisme. Penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi dan juga wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan komunikasi persuasif Shopee yang menyebabkan masyarakat berperilaku konsumtif tidak hanya dipengaruhi oleh kata-kata atau pesan verbal yang disusun sedemikian rupa, melainkan juga dengan menggunakan upaya komunikasi non verbal. Dalam komunikasi verbal, lambang bahasa yang dipergunakan adalah bahasa lisan, tertulis pada kertas, ataupun elektronik. Beberapa unsur penting dalam komunikasi verbal, yaitu: bahasa dan kata. Sedangkan komunikasi non verbal yang dilakukan oleh pihak Shopee yaitu, dengan menarik minat masyarakat melalui iklan di TV dengan artis-artis terkenal sebagai Brand Ambassador. Sehingga makna atau pesan pada iklan dapat sampai ke masyarakat karena didukung oleh penggunaan tanda non-verbal atau visual. Tanda-tanda visual inilah yang membangkitkan imajinasi penonton sehingga dapat menafsirkan makna dan menarik minat beli masyarakat. Kata Kunci: Komunikasi Persuasif, Perilaku Konsumtif, Shopee, Pesan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr Elva Ronaning Roem, M.Si Rinaldi, M.I.Kom.
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Persuasif, Perilaku Konsumtif, Shopee, Pesan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 27 Jun 2022 09:34
Last Modified: 27 Jun 2022 09:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106253

Actions (login required)

View Item View Item