Analisis Efektivitas dan Kontribusi Penerimaan Pajak Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Padang pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada Bapenda Kota Padang)

Naufal, Alwanda (2022) Analisis Efektivitas dan Kontribusi Penerimaan Pajak Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Padang pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada Bapenda Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER+ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (199kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (190kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (41kB)
[img] Text (DAFTAR REFERENSI)
DAFTAR REFERENSI.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui efektivitas penerimaan pajak daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Padang selama masa pandemi Covid-19 (2) untuk mengetahui kontribusi pajak daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Padang selama masa pandemi Covid-19, dan (3) untuk mengetahui apa saja kendala serta upaya yang dilakukan oleh Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) dalam mengoptimalkan penerimaan pajak daerah selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini berupa target dan realisasi penerimaan pajak daerah serta target dan realisasi Pendapatan Asli Daerah Kota Padang selama 5 (lima) tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat efektivitas penerimaan pajak daerah Kota Padang dari tahun 2017-2021 masih kurang efektif dengan persentase 73,38%. Untuk tingkat kontribusi pajak daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah, menunjukkan bahwa pada tahun 2017-2021 tingkat kontribusi berada dalam kategori sangat baik dengan persentase 70.65%. Kendala yang dihadapi oleh Bapenda dalam mengoptimalkan penerimaan pajak daerah berasal dari kepatuhan wajib pajak, kendala internal pemungut, serta dampak dari pandemi Covid-19. Upaya yang dilakukan Bapenda untuk memaksimalkan penerimaan pajak daerah adalah memberikan teguran dan sanksi tegas terhadap wajib pajak yang lalai dalam membayarkan pajaknya, serta melakukan pendataan terhadap wajib pajak baru. Kata kunci: Efektivitas, Kontribusi, Pajak Daerah, Pendapatan Asli Daerah,Pandemi, Covid-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 24 Jun 2022 08:07
Last Modified: 24 Jun 2022 08:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106053

Actions (login required)

View Item View Item