“Penerapan Metode Quality Function Deployment (QFD) Dalam Peningkatan Kualitas Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi (Studi Kasus di Fakultas Teknik Universitas Ibnu Sina)”

Herman, Herman (2021) “Penerapan Metode Quality Function Deployment (QFD) Dalam Peningkatan Kualitas Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi (Studi Kasus di Fakultas Teknik Universitas Ibnu Sina)”. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstark)
Abstrak Herman.pdf - Published Version

Download (649kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1 Herman.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Penutup)
Penutup Herman.pdf - Published Version

Download (332kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Herman.pdf - Published Version

Download (470kB)
[img] Text (Laporan)
Laporan Herman.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Perpustakaan Fakultas Teknik Universitas Ibnu Sina (UIS) mempunyai fasilitas layanan fisik maupun non fisik seperti keramahan petugas, kelengkapan buku, skripsi, laporan, dan fasilitas meja baca. Dari layanan tersebut mahasiswa masih merasa belum puas dikarenakan waktu layanannya masih terbatas, referensi buku kejuran masih minim, waktu peminjaman buku sangat singkat, tingginya denda keterlambatan dalam pengembalian buku. Hal ini mempengaruhi minat baca mahasiswa di perpustakaan. Berdasarkan data minat baca mahasiswa tahun 2017- 2019 rata-rata pertahun hanya 308 orang dari total mahasiswa aktif sebanyak 1247 orang, dengan persentase 24,7%. Oleh karena itu perlu peningkatan kualitas layanan perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain perbaikan kualitas layanan perpustakaan di Fakultas Teknik Universitas Ibnu Sina (UIS) agar dapat memenuhi kepuasan mahasiswa dengan metode Quality Function Deployment (QFD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa masih merasa belum puas dikarenakan semua dimensi layanan menghasilkan nilai negatif, nilai dimensi gap terbesar adalah dimensi tangible sebesar -6,05. Urutan berikutnya dimensi reliability dengan nilai gap -5,64. Berdasarkan hasil penyusunan matrix house of quality (HoQ) desain untuk perbaikan layanan perpustakaan dengan prioritas utama adalah melakukan training terhadap petugas perpustakaan dengan nilai bobot 81, dan menyediakan fasilitas layanan yang memadai dengan nilai bobot 58. Penelitian ini diharapkan dapat membantu kampus dalam upaya peningkatan kualitas layanan perpustakaan Kata Kunci: Kualitas layanan, Perpustakaan, QFD, Universitas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: Profesi Insinyur Pasca
Date Deposited: 28 Jun 2022 05:07
Last Modified: 28 Jun 2022 05:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106027

Actions (login required)

View Item View Item