RANCANG BANGUN TRAINER SIMULATOR MENGGUNAKAN REFRIGERAN R22 UNTUK EFISIENSI PRAKTIKALITAS PELAKSANAAN PELATIHAN AIR CONDITIONAL

Yunesman, Yunesman (2021) RANCANG BANGUN TRAINER SIMULATOR MENGGUNAKAN REFRIGERAN R22 UNTUK EFISIENSI PRAKTIKALITAS PELAKSANAAN PELATIHAN AIR CONDITIONAL. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak Yunesman.pdf - Published Version

Download (711kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1 Yunesman.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Penutup)
Penutup Yunesman.pdf - Published Version

Download (393kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Yunesman.pdf - Published Version

Download (414kB)
[img] Text (Laporan)
Laporan Yunesman.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pengenalan teknologi baru harus dilakukan dalam proses kegiatan belajar mengajar dan pelatihan agar peserta didik mampu menjadi kader yang siap dalam menghadapi tantangan dunia di era teknologi. Kualitas proses pembelajaran akan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Salah satu faktor yang dapat mendukung kualitas hasil belajar peserta pelatihan adalah ketersediaan media pembelajaran. Dalam proses pelatihan terjadi proses interaksi, menunjukkan merupakan proses komunikasi. Komunikasi terjadi antara penyampai pesan dengan penerima pesan lebih mudah menggunakan media pembelajaran sebagai miniatur atau replika dari benda aslinya yang lebih dikenal dengan sebutan trainer simulator yang sangat penting dan mempengaruhi penyerapan informasi dalam pembelajaran dan pelatihan. Rancang bangun Trainer Simulator Air Conditional ini bertujuan melihat proses rancang bangun, keefektifan praktikalitas serta kemudahan peserta training dalam memahami pelatihan Air conditional dengan menggunakan trainer simulator Air Conditional sebagai alat bantu pelatihan. Hasil rancang bangun trainer simulator, didapatkan satu unit trainer simulator Air Conditional, yang dapat membuktikan tingkat efektifitas berdasarkan kerja refrigerant pada tekanan 60-70 PSI dengan hasil Coefficient of performance 4.4 – 4.6 dengan penggunaan arus yang nominal (3,3 Ampere), dari segi penggunaan trainer simulator kepada instruktur dan peserta pelatihan, tingkat praktikalitas didapat adalah 80% oleh instruktur 90 % oleh peserta pelatihan. Simpulan Rancang bangun Trainer Simulator Air Conditional dapat melihat proses rancang bangun, keefektifan dan kemudahan peserta training dan lebih memahami pelatihan dengan menggunakan trainer simulator Air Conditional. Kata kunci: Trainer simulator Air Conditional, Efektifitas, Standar Kompetensi, Coefficient of performance, Praktikalitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: Profesi Insinyur Pasca
Date Deposited: 28 Jun 2022 04:43
Last Modified: 28 Jun 2022 04:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105998

Actions (login required)

View Item View Item