Peranan Direct Marketing Terhadap Minat Pelanggan Produk Indihome Pada PT. Telkom Indonesia TBK Padang

Ariva, Januaristi (2022) Peranan Direct Marketing Terhadap Minat Pelanggan Produk Indihome Pada PT. Telkom Indonesia TBK Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
Dokumen (1) (1).pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text
Dokumen (2).pdf - Published Version

Download (444kB)
[img] Text
Dokumen (3) (2) (1).pdf - Published Version

Download (320kB)
[img] Text
Dokumen (4) (1).pdf - Published Version

Download (291kB)
[img] Text
TA Ariva Januaristi 1900512006 (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Rumusan Masalah yang akan dibahas yaitu Apakah Peran Direct Marketing Terhadap Minat Pelanggan Produk Indihome pada PT. Telkom TBK Padang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Peranan Direct Marketing Terhadap Minat Pelanggan Produk Indihome pada PT. Telkom TBK Padang. Metode Magang Penelitian ini dilakukan dengan metode observasi yang dilakukan selama 40 hari kegiatan magang. Metode ini dilakukan dengan cara mengamati suatu permasalahan yang terjadi , serta mengamati secara langsung peran Direct Marketing yang digunakan oleh PT Telkom Indonesia Padang untuk menarik minat pelanggan. Pada PT Telkom Indonesia TBK Padang strategi yang digunakan untuk memasarkan produknya yaitu Direct Marketing. Kegiatan direct marketing yang dilakukannya cukup berhasil dalam menarik minat pelanggan, salah satunya yaitu kegiatan personal selling. Pada PT Telkom Padang, kegiatan Direct marketing yang sudah diterapkannya yaitu personal selling, Telemarketing, Online marketing, direct mail, Catalog, Televisi/radio,dan aplikasi. Hingga saat ini strategi yang paling efektif yang digunakan PT Telkom Padang untuk memasarkan produknya yaitu personal selling yang dilakukan oleh sales. Sales force pada Telkom sangat berperan penting dalam memasarkan produk indihome. Kesimpulan Berdasarkan pembahasan mengenai penerapan direct marketing pada PT. Telkom Indonesia TBK Padang seperti yang dibahas pada bab sebelumnya, maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa : 1. Penerapan direct marketing yang dilakukan oleh PT Telkom Indonesia TBK Padang dalam memasarkan produknya yaitu personal selling, online marketing, direct mail, dan aplikasi My Indihome. Kegiatan pemasaran tersebut telah berhasil dalam meningkatkan angka penjualan per tahunnya, akan tetapi strategi yang paling efektif dalam menaikkan jumlah pelanggan yaitu Personal selling. 2. Kendala yang dihadapi oleh Telkom dalam kegiatan direct marketing. Pada personal selling kendala yang dialami yaitu sulitnya menjangkau pelanggan, dan menghabiskan banyak waktu karena tidak semua sales berhasil dalam menarik minat pelanggan. Selanjutnya terkadang saat sales berkunjung ke rumah pelanggan, pelanggan tidak ada dirumah. Dan kendala lainnya kurangnya etika sales, kurang ramah, dan kurang menguasai tentang indihome. Dalam online marketing kendalanya yaitu pelanggan yang kurang memahami iklan di sosial media, pelanggan yang kurang tertarik dengan suatu informasi sosial media. Kurang lengkapnya informasi yang didapatkan sehingga mereka tidak puas dengan apa yang didapatkannya. Sehingga online marketing memiliki respon yang tidak banyak di sosial media. Kendala pada direct mail yaitu masyarakat yang jarang membuka email, dan masyarakat yang sifatnya kurang suka membaca. Kebanyakan masyarakat menganggap suatu informasi yang berasal dari email tidaklah penting. 3. Solusi dari kendala direct marketing pada Telkom yaitu, sales harus harus tekun dan semangat dalam memasarkan produk indihome, selanjutnya sales harus bersungguh sungguh dalam mengikuti pelatihan sales akademi, agar mereka tau etika dalam berkomunikasi ke masyarakat, dan agar mereka bisa menguasai semua yang bersangkutan dengan indihome. Selanjutnya solusi untuk pada online marketing, sebaiknya Telkom membuat iklan atau video iklan seearik mungkin, dari segi warna, desain, bintang iklan, dan waktu penayangannya. Sehingga masyarakat tertarik untuk melihat iklan tersebut dan sehingga timbul rasa ingin tahu tentang indihome

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 Pemasaran
Depositing User: d3 pemasaran ekonomi
Date Deposited: 17 Jun 2022 06:57
Last Modified: 15 Aug 2022 04:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105676

Actions (login required)

View Item View Item