PELAKSANAAN PERJANJIAN KERJA TERHADAP PEKERJA LEPAS ATAU FREELANCER DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG CIPTA KERJA PADA PT. DALAZ TEKNIK UTAMA

Muhammad, Farhan (2022) PELAKSANAAN PERJANJIAN KERJA TERHADAP PEKERJA LEPAS ATAU FREELANCER DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG CIPTA KERJA PADA PT. DALAZ TEKNIK UTAMA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (150kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (47kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (126kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Perjanjian kerja merupakan salah satu hal yang diatur dalam Hukum Perdata, baik itu di dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata langsung maupun dalam perundang-undangan diluar KUH Perdata. Pengaturan terkait perjanjian kerja dalam sistem perundang-undangan Indonesia dibahas di dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yang selanjutnya berubah menjadi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Berubahnya Undang-Undang yang berlaku tentu juga membuat berubahnya ketentuan-ketentuan yang diatur di dalam Undang-Undang tersebut. Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang masih tergolong baru ini tentu masih belum dapat terlaksana dengan sepenuhnya. Adanya perubahan dalam beberapa hal seperti tidak diperbolehkannya lagi sebuah perjanjian kerja dibuat secara lisan dan lama waktu perjanjian kerja yang berubah menjadi maksimal 3 (tiga) tahun dengan satu kali perpanjangan, dari sisi penyedia pekerjaan atau pengusaha atau perusahaan tentu perlu beradaptasi dengan ketentuan perundang-undangan yang baru ini. Dalam proses adaptasi terkait perubahan peraturan perundang-undangan tersebut tidak menutup kemungkinan muncul permasalahan dalam pembuatan dan pelaksanaan perjanjian kerja pada sebuah lingkungan perusahaan. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1. Bagaimana penerapan ketentuan-ketentuan perundang-undangan terkait tunjangan hari raya dalam pelaksanaan perjanjian kerja oleh PT. Dalaz Teknik Utama terhadap pekerja lepas atau freelancer? 2. Bagaimana penyelesaian permasalahan yang timbul dalam pelaksanaan perjanjian kerja antara PT. Dalaz Teknik Utama dengan pekerja lepas atau freelancer? Penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris yang melihat implementasi ketentuan hukum normatif dengan peristiwa hukum yang terjadi di lapangan. Penelitian ini menganalisi secara deskriptif dengan menjelaskan dan memaparkan hal-hal yang berkaitan dengan judul penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan ketentuan perundang-undangan terkait tunjangan hari raya di dalam pelaksanaan perjanjian kerja oleh pihak perusahaan masih memerlukan pembenahan agar terlindunginya hak-hak pekerja. Kejelasan isi perjanjian menjadi salah satu poin penting dalam terpenuhinya hak-hak pekerja seperti yang diamanatkan undang-undang. Kata Kunci: Perjanjian Kerja, Pekerja Lepas, Freelancer, Pekerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 23 Jun 2022 06:44
Last Modified: 23 Jun 2022 06:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105632

Actions (login required)

View Item View Item