Hafiz, Sayutie Arvi (2022) Efektivitas Aplikasi Geschool dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Belajar Siswa SMP Negeri 7 Padang Selama Pandemi Covid-19. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Abstrak)
1. Cover dan Abstrack.pdf - Published Version Download (352kB) |
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
2. BAB I.pdf - Published Version Download (506kB) |
|
Text (BAB 5 Penutup)
3. BAB V.pdf - Published Version Download (216kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (223kB) |
|
Text (Skripsi Fulltext)
5. Draft Skripsi_Hafiz Sayutie Arvi_1710862025.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pandemi covid-19 telah mendesak seluruh kegiatan sekolah dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan serentak bagi semua elemen pendidikan yaitu peserta didik, guru hingga orang tua. Salah satu media yang digunakan oleh SMP Negeri 7 Padang selama melaksanakan proses belajar daring adalah aplikasi geschool. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas dan tingkat pemenuhan kebutuhan informasi belajar siswa SMP Negeri 7 Padang menggunakan aplikasi geschool selama pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 88 orang responden yang merupakan siswa SMP Negeri 7 Padang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling. Teori kekayaan media (media richness theory) digunakan sebagai acuan pengukuran variabel efektivitas aplikasi geschool dan konsep pemenuhan kebutuhan oleh Katz, Gurevitch, dan Haas digunakan sebagai acuan untuk mengukur variabel pemenuhan kebutuhan informasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan perhitungan statistik deskriptif menggunakan rumus perhitungan skor rata-rata untuk melihat tingkat efektivitas aplikasi geschool dan pemenuhan kebutuhan informasi belajar siswa SMP Negeri 7 Padang selama pandemi covid-19. Variabel efektivitas aplikasi geschool diukur menggunakan sub-variabel kemampuan menyampaikan isyarat, kecepatan umpan balik, variasi bahasa, dan fokus personal. Hasil yang diperoleh dari pengukuran efektivitas aplikasi geschool berada dalam kategori efektif dengan total skor 3.600 dan skor rata-rata 3,15. Skor tertinggi terdapat dalam sub-variabel variasi bahasa dengan skor rata-rata 3,21. Kemudian, untuk variabel pemenuhan kebutuhan informasi belajar diukur dengan menggunakan sub-variabel kebutuhan kognitif, kebutuhan afektif, kebutuhan integrasi personal, kebutuhan integrasi sosial, dan kebutuhan berkhayal. Hasil yang diperoleh dari pengukuran variabel pemenuhan kebutuhan infromasi berada dalam kategori terpenuhi dengan total skor 3.309 dan skor rata-rata 3,13. Skor tertinggi terdapat dalam sub-variabel kebutuhan integrasi sosial dengan skor rata-rata 3,23. Artinya, aplikasi geschool sudah efektif dan telah memenuhi kebutuhan siswa SMP Negeri 7 Padang namun belum mencapai nilai batas maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Sarmiati, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Geschool, Kebutuhan Informasi, Pandemi Covid-19, Proses Belajar Daring |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 07:13 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 07:13 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105589 |
Actions (login required)
View Item |