Strategi Komunikasi Pendidikan Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Adzkia Daycare, Preschool & Kindergarten Jakarta Selatan)

Rizka, Zauhari Siregar (2022) Strategi Komunikasi Pendidikan Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Adzkia Daycare, Preschool & Kindergarten Jakarta Selatan). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text (BAB I - Pendahuluan)
BAB I - Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (316kB)
[img] Text (BAB V - Kesimpulan)
BAB V - Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (183kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (302kB)
[img] Text (SKRIPSI Full Text)
SKRIPSI Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi pendidikan yang dilakukan Adzkia Daycare, Preschool & Kindergarten Jakarta Selatan pada masa pandemi Covid-19. Strategi komunikasi pendidikan dibangun sebagai upaya memenuhi kebutuhan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang masih belajar dari komunikasi yang interaktif dan pengalaman di tengah perubahan pembelajaran akibat kondisi pandemi Covid-19. Untuk membahas permasalahan tersebut, peneliti menggunakan dua teori. Pertama, teori interactional view untuk membantu menganalisis strategi komunikasi yang dilakukan agar komunikasi dapat berjalan dengan efektif pada pembelajaran. Kedua, teori CMC atau computer mediated communication untuk menjelaskan penggunaan media komunikasi dengan jarak jauh di tengah pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus serta paradigma konstruktivisme. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada analisis data, peneliti menggunakan analisis data Miles dan Huberman yakni dengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pendidikan Adzkia Daycare, Preschool & Kindergarten Jakarta Selatan pada masa pandemi Covid-19 antara lain menggunakan Zoom Meeting dan membuat learning kit serta video pembelajaran sehingga dapat menarik perhatian murid dalam pelaksanaan pembelajaran. Guru juga terus membangun komunikasi yang interaktif dengan anak, seperti bercerita dan berdialog walau dari jarak jauh agar anak dapat percaya diri dan aktif dalam berkomunikasi. Selain itu, guru juga berkomunikasi dan melibatkan orang tua sebagai jembatan yang menghubungkan guru dengan anak serta mengawasi dan membantu anak dalam pembelajaran yang dilakukan secara daring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sarmiati, M. Si
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pendidikan, PAUD, Pandemi Covid-19, Pembelajaran Daring
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 16 Jun 2022 07:09
Last Modified: 16 Jun 2022 07:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105588

Actions (login required)

View Item View Item