Pemberdayaan Masyarakat dalam Implementasi Program Produk Unggulan Nagari di Nagari Talao Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Kabupaten Solok Selatan

Oktavia, Nurdianti (2022) Pemberdayaan Masyarakat dalam Implementasi Program Produk Unggulan Nagari di Nagari Talao Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Kabupaten Solok Selatan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (ABSTRAK)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4 (kesimpulan & saran).pdf - Published Version

Download (88kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (117kB)
[img] Text (Tugas Ilmiah Utuh)
Tugas Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Oktavia Nurdianti, BP. 1810811005, Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang. Judul Skripsi: Pemberdayaan Masyarakat Dalam Implementasi Program Produk Unggulan Nagari di Nagari Talao Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Kabupaten Solok Selatan. Pembimbing I Drs. Alfitri, MS dan Pembimbing II Dr. Indraddin S.Sos, M.Si. Penelitian ini mendeskripsikan tentang proses perencanaan, pelaksanaan dan pengontrolan dalam program produk unggulan nagari dan mendeskripsikan faktor keberhasilan pemberdayaan masyarakat dalam implementasi program produk unggulan nagari di Talao Sungai Kunyit. Disaat Negeri Indonesia sedang sibuk beradaptasi dengan pandemi Covid-19 pada tahun 2020 khususnya di sektor ekonomi, Nagari Talao Sungai Kunyit yang terletak di ujung Kabupaten Solok Selatan berhasil beradaptasi dan berinovasi menjalankan program produk unggulan nagari dengan memanfaatkan potensi alam yang dimiliki menjadi produk bernilai jual tinggi dan membuka kesempatan kerja bagi masyarakatnya sehingga hal tersebut menarik untuk diteliti. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi dengan pemilihan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Pemberdayaan Masyarakat yang dikemukakan oleh Jim Ife. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa program produk unggulan nagari di Nagari Talao Sungai Kunyit berhasil dilaksanakan dan memberdayakan masyarakat karena beberapa faktor, diantaranya yaitu bahan baku produk mudah didapatkan, sumber daya manusia bersifat terbuka dan menerima perubahan, produk memiliki pasar yang jelas dan semakin luas, kerjasama dijalin dengan baik dan mendapat dukungan dari stakeholders. Kata Kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Implementasi Program, Produk Unggulan Nagari, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Alfitri, MS Dr. Indraddin, S.Sos, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Implementasi Program, Produk Unggulan Nagari, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:22
Last Modified: 14 Jun 2022 07:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105277

Actions (login required)

View Item View Item