FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEGAGALAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYI SELAMA PANDEMI COVID-19 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK BUAYAKOTA PADANG TAHUN 2021

Vellina, Rizki Amalia (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEGAGALAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYI SELAMA PANDEMI COVID-19 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK BUAYAKOTA PADANG TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRACT)
ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (133kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text (BAB 7 KESIMPULAN)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (332kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang dan Tujuan Dalam rangka menurunkan Angka Kematian Bayi (AKB), United Nations Children's Fund (UNICEF) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan agar anak hanya diberikan Air Susu Ibu (ASI) mulai usia 0-6 bulan. Makanan tambahan lebih baik diberikan setelah anak berusia 6 bulan, dan pemberian ASI dilanjutkan sampai anak berusia dua tahun (WHO, 2020). Dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan kegagalan pemberian ASI eksklusif pada bayi pada masa pandemi COVID-19 di wilayah kerja Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang tahun 2021. Metode Jenis penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode cross sectional dimana semua variabel yang diteliti dapat diukur dalam waktu yang bersamaan. Hasil Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kelancaran menyusui (p=0,254), dukungan keluarga (p=0,016), pengetahuan ibu (p=0,026), pekerjaan ibu (p=0,043), dan keterpaparan COVID-19 (p=0,331), yang berhubungan dengan kegagalan pemberian ASI eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang. Kesimpulan variabel yang berhubungan dengan kegagalan pemberian ASI eksklusif adalah dukungan keluarga, pengetahuan ibu, dan pekerjaan ibu dan variabel yang tidak memiliki hubungan signifikan dengan kegagalan pemberian ASI eksklusif adalah kelancaran pemberian ASI, dan paparan COVID-19 Referensi : 62 (2015 - 2021)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yulizawati, SST., M.Keb
Uncontrolled Keywords: Pemberian ASI Eksklusif, Kegagalan Pemberian ASI Eksklusif
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 13 Jun 2022 05:58
Last Modified: 13 Jun 2022 05:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105264

Actions (login required)

View Item View Item