Hubungan Jumlah Bakteri Porphyromonas gingivalis ATCC 33277 dengan Penyakit Periodontal pada Saliva Anak Berdasarkan Status Gizi di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kota Padang

Nadhifah Salsabila, Dhifa (2022) Hubungan Jumlah Bakteri Porphyromonas gingivalis ATCC 33277 dengan Penyakit Periodontal pada Saliva Anak Berdasarkan Status Gizi di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kota Padang. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (960kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Penutup)
BAB 7 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan jumlah bakteri Porphyromonas gingivalis ATCC 33277 dengan penyakit periodontal pada saliva anak berdasarkan status gizi. Penelitian ini terdiri dari 23 sampel anak stunting dan 23 sampel anak normal. Dilakukan pemeriksaan penyakit periodontal dengan indeks gingiva, kemudian pengambilan sampel saliva sebanyak 2 mL, dan dilakukan isolasi DNA bakteri Porphyromonas gingivalis ATCC 33277. Amplifikasi DNA dan perhitungan jumlah DNA bakteri Porphyromonas gingivalis ATCC 33277 menggunakan Real-time PCR. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah bakteri Porphyromonas gingivalis ATCC 33277 lebih tinggi pada saliva anak stunting dibandingkan anak normal. Pemeriksaan penyakit periodontal menggunakan indeks gingiva terdapat kategori parah pada anak stunting lebih banyak dibandingkan anak normal. Berdasarkan hasil uji statistik One-way Anova, terdapat hubungan jumlah bakteri Porphyromonas gingivalis ATCC 33277 dengan penyakit periodontal (p<0.05). Berdasarkan hasil uji statistik Multiple Regresi Logistic, tidak terdapat hubungan jumlah bakteri Porphyromonas gingivalis ATCC 33277 dengan penyakit periodontal pada saliva anak berdasarkan status gizi (p=0.313). Kesimpulan penelitian ini terlihat bahwa ada hubungan jumlah bakteri Porphyromonas gingivalis ATCC 33277 dengan penyakit periodontal, tetapi status gizi tidak mempengaruhi.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. drg. Nila Kasuma, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: stunting, penyakit periodontal, bakteri Porphyromonas gingivalis ATCC 33277
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu biomedik
Date Deposited: 02 Jun 2022 03:26
Last Modified: 02 Jun 2022 03:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/104978

Actions (login required)

View Item View Item