FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN DISIPLIN KERJA PERAWAT RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT OTAK DR. Drs. M. HATTA BUKITTINGGI TAHUN 2021

Nadiya, Putri. A (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN DISIPLIN KERJA PERAWAT RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT OTAK DR. Drs. M. HATTA BUKITTINGGI TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Kesimpulan dan Saran)
BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Nadiya Putri. A 1411212049.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Disiplin merupakan hal penting dalam menanamkan rasa hormat terhadap otoritas, kerjasama, dan merupakan kebutuhan bagi organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan disiplin kerja pada perawat di Rumah Sakit Otak DR. Drs. M. Hatta kota Bukittinggi tahun 2021. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah 137 perawat ruang rawat inap dengan jumlah sampel 62 perawat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji chi-square dan uji alternatif uji fisher dengan derajat kepercayaan 95% dan α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan perawat dengan disiplin kerja kurang baik sebesar 22,6%, kepatuhan yang kurang sebesar 33,9%, motivasi yang kurang sebesar 43,5%, kepemimpinan yang kurang sebesar 50%, dan insentif non finansial yang kurang sebesar 50%. Uji statistik membuktikan bahwa motivasi (p value 0,0001), kepemimpinan (p value 0,015), dan insentif non finansial (p value 0,002) memiliki hubungan yang bermakna dengan disiplin kerja. Sedangkan kepatuhan (p value 1,000) tidak memiliki hubungan dengan disiplin kerja. Adanya hubungan yang bermakna antara motivasi, kepemimpinan, dan insentif non finansial dengan disiplin kerja. Serta tidak terdapat hubungan antara kepatuhan dengan disiplin kerja. Saran bagi pihak rumah sakit agar dapat melakukan evaluasi terhadap kinerja perawat. Serta memberikan penghargaan berupa pujian dan kesempatan untuk mengikuti pelatihan dan melanjutkan Pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: CH. Tuty Ernawati, SKM, M.Kes
Uncontrolled Keywords: disiplin kerja, motivasi, kepemimpinan, insentif non finansial
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 05 Jul 2022 08:01
Last Modified: 05 Jul 2022 08:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/104885

Actions (login required)

View Item View Item