EVALUASI DAN PERANCANGAN SISTEM KERJA DI STASIUN KERJA PEMBELAHAN IKAN UMKM SI PUJUK

NURUL, ASHIFA (2022) EVALUASI DAN PERANCANGAN SISTEM KERJA DI STASIUN KERJA PEMBELAHAN IKAN UMKM SI PUJUK. Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Draft Tugas Akhir_Nurul Ashifa 1710933040.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pertumbuhan UMKM memicu inovasi dan kreativitas agar dapat bertahan di tengah persaingan pasar. Namun, penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang belum optimal menjadi masalah yang sering dihadapi oleh UMKM salah satunya Si Pujuk. Sebagai pelaku usaha di bidang perikanan, Si Pujuk melakukan aktivitas pengolahan ikan asap melalui proses yang kontinu. Dalam satu tahun terakhir, Si Pujuk menolak 3 kali permintaan skala besar karena tidak mampu memenuhinya. Masalah ini dianalisis menggunakan metode 5-Whys dan menemukan masalah terjadi pada stasiun kerja pembelahan (Stasiun Kerja 1). Analisis dilanjutkan dengan metode fishbone diagram yang menunjukan bahwa perlu dilakukan evaluasi pada faktor metode, tata letak, dan peralatan. Evaluasi dilakukan berdasarkan prinsip ekonomi gerakan. Perbedaan terjadi pada peta kerja tangan kiri tangan kanan, peta kerja regu proses, tata letak area kerja, jumlah operator per regu kerja yaitu dari 3 orang operator per regu kerja menjadi 4 orang operator per regu kerja namun dengan jumlah operator yang tetap yaitu 12 orang. Hasil evaluasi menunjukan adanya penurunan waktu siklus sebesar 49% dan peningkatan kapasitas produksi sebesar 48% per hari dengan metode pengukuran waktu stopwatch time study. Melalui perbaikan ini, Si Pujuk dapat meningkatkan keuntungan sebesar 60% dengan operator yang sudah ada. Si Pujuk dapat melakukan penambahan operator sebanyak ±16 orang menggunakan perbaikan ini agar mencapai target produksi yang diinginkan yaitu sebesar 600 kg yang dapat peningkatan keuntungan sebesar 292%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hilma Raimona Zadry, ST. M.Eng, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pengukuran waktu, Waktu standar, Waktu siklus, 5-Whys, Fishbone diagram , Stopwatch Time Study, Prinsip ekonomi geraka
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 20 May 2022 09:18
Last Modified: 20 May 2022 09:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/104663

Actions (login required)

View Item View Item