HUBUNGAN HIPERTROFI VENTRIKEL KIRI PADA ELEKTROKARDIOGRAM BERDASARKAN KRITERIA PEGUERO-LO PRESTI DENGAN EKOKARDIOGRAFI PADA PASIEN HIPERTENSI DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Salsa, Oktarin Letmi (2022) HUBUNGAN HIPERTROFI VENTRIKEL KIRI PADA ELEKTROKARDIOGRAM BERDASARKAN KRITERIA PEGUERO-LO PRESTI DENGAN EKOKARDIOGRAFI PADA PASIEN HIPERTENSI DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (857kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Hipertrofi ventrikel kiri pada penderita hipertensi dapat dideteksi dengan pemeriksaan elektrokardiogram dan ekokardiografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan hipertrofi ventrikel kiri pada elektrokardiogram berdasarkan kriteria Peguero – Lo Presti dengan ekokardiografi pada pasien hipertensi di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan disain potong lintang. Sampel sebanyak 98 pasien yang menderita hipertensi menjalani pemeriksaan elektrokardiogram dan ekokardiografi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik consecutive sampling. Data dianalisis menggunakan uji statistik Chi-Square. Hasil penelitian mendapatkan sebagian besar pasien yang menderita hipertensi adalah berada pada usia >65 tahun, jenis kelamin laki-laki, dengan indeks massa tubuh normal (IMT 18,5-25 kg/m2), dan lebih banyak menderita dislipidemia. Pasien hipertensi yang didiagnosis HVK berdasarkan ekokardiografi 72 orang (73,5%), sedangkan dengan EKG kriteria PLP 35 orang (35,7%). Analisis bivariat menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara hipertrofi ventrikel kiri berdasarkan elektrokardiogram kriteri Peguero-Lo Presti dengan ekokardiografi pada pasien hipertensi di RSUP Dr. M. Djamil Padang dengan nilai signifikan p value = 0.275 (p>0,05) Kesimpulan penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan antara hipertrofi ventrikel kiri berdasarkan elektrokardiogram kriteri Peguero-Lo Presti dengan ekokardiografi pada pasien hipertensi dan dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Mefri Yanni, Sp.JP(K), FIHA
Uncontrolled Keywords: Hipertrofi ventrikel kiri, Peguero-Lo Presti, Hipertensi, Ekokardiografi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 18 May 2022 03:09
Last Modified: 18 May 2022 03:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/104170

Actions (login required)

View Item View Item