PENILAIAN KEPATUHAN TERAPI PASIEN HIPERTENSI DENGAN METODE PILL COUNT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK KILANGAN KOTA PADANG

Fahira, Tri Ananta (2022) PENILAIAN KEPATUHAN TERAPI PASIEN HIPERTENSI DENGAN METODE PILL COUNT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK KILANGAN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1(Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup/Kesimpulan))
BAB AKHIR (Penutup).pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img] Text (skripsi fulltext)
Skripsi Penelitian_Fahira Tri Ananta_1811012054.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hipertensi termasuk penyakit kronis dengan pengobatan jangka panjang. Menurut data World Health Organization (WHO) menunjukkan hanya 36,8% minum obat hipertensi. Kepatuhan menjadi permasalahan utama dalam pengobatan hipertensi. Hal ini dapat dievaluasi melalui pill count dengan cara menghitung jumlah sisa obat pasien di awal dan akhir menggunakan pill box sebagai alat bantu yang dinilai dapat meningkatkan kepatuhan pasien dalam meminum obat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perbedaan kepatuhan pada pasien yang menggunakan pill box dengan yang tidak menggunakan pill box. Metode penelitian yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Control Group Design Sampel penelitian ini yaitu pasien Prolanis tahun 2021 di Puskesmas Lubuk Kilangan Kota Padang yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditetapkan. Pengambilan sampel dilakukan secara total sampling dan didapatkan 70 subyek yang terbagi atas kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Teknis penelitian dilakukan secara (HMR) Home Medication Review.Dari hasil penelitian menggunakan uji statistik Mann Whitney Test terhadap kepatuhan (p=0.007) menunjukkan nilai (p<0.05) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kepatuhan sebelum dan sesudah intervensi. Hal ini menunjukkan bahwa kepatuhan lebih tinggi pada pasien yang menggunakan pill box dibandingkan tanpa pill box.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: apt. Najmiatul Fitria, M.Farm., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan, Pill box, Home Medication Review, Hipertensi
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 18 May 2022 02:27
Last Modified: 15 Nov 2022 02:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/104138

Actions (login required)

View Item View Item