Penilaian Kepatuhan Terapi pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 dengan Metode Pill Count di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Kilangan Kota Padang

Husnia, Khairatul (2022) Penilaian Kepatuhan Terapi pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 dengan Metode Pill Count di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Kilangan Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab akhir)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar puskata)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img] Text (Full text)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)

Abstract

Kepatuhan terhadap pengobatan didefinisikan sebagai sejauh mana pasien minum obat seperti yang ditentukan oleh penyedia layanan kesehatan. Keberhasilan terapi seorang pasien sangat dipengaruhi oleh kepatuhan dalam penggunaan obat. Rendahnya kepatuhan terapi merupakan masalah khusus pada pasien diabetes melitus. Diabetes melitus adalah penyakit metabolik kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar glukosa darah, yang menyebabkan kerusakan pada jantung dari waktu ke waktu, vaskulatur, mata, ginjal, dan saraf. Untuk menilai kepatuhan terapi pasien digunakan metode pill count dengan cara menghitung sisa obat dari pasien sehingga didapatkan persentase kepatuhan. Penilaian kepatuhan dilakukan melalui program Home Medication Review (HMR).Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat kepatuhan terapi pasien diabetes melitus tipe 2 dengan menggunakan metode pill count. Jenis penelitian ini adalah eksperimental dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Pemilihan metode ini dilakukan karena perhitungan sisa obat dilakukan sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode total sampling. Data yang diambil adalah data pasien PROLANIS (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) diabetes melitus tipe 2 yang berobat di Puskesmas Lubuk Kilangan Kota Padang periode Januari-Maret 2022. Pasien dikelompokkan menjadi dua yaitu pasien yang menggunakan pillbox dan yang tidak menggunakan pillbox. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Mann-Whitney Test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan tingkat kepatuhan terapi antara kelompok pillbox dengan yang tidak menggunakan pillbox dengan nilai p=0,000 (p<0,05). Dapat disimpulkan bahwa tingkat kepatuhan lebih tinggi pada pasien yang menggunakan pillbox dibandingkan yang tidak menggunakan pillbox.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: apt. Najmiatul Fitria, M.Farm., Ph.D
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 18 May 2022 02:35
Last Modified: 18 May 2022 02:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/104124

Actions (login required)

View Item View Item