Studi Numerik Kinerja Pelat pada Steel Plate Shear Wall dengan Penambahan Perforasi pada Arah Diagonal Tarik Akibat Pembebanan Statik Monotonik

Lolla, Twina Anugrah Deputri (2022) Studi Numerik Kinerja Pelat pada Steel Plate Shear Wall dengan Penambahan Perforasi pada Arah Diagonal Tarik Akibat Pembebanan Statik Monotonik. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 (Pendahuluan))
Bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir (Penutup))
Bab Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (558kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Utuh (full text))
Tugas Akhir Utuh (full text).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48MB)

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki frekuensi gempa bumi paling banyak. Untuk meminimalisir berbagai kerusakan pada bangunan di daerah rawan gempa, diperlukan suatu rancangan bangunan dengan kekuatan sedemikian rupa yang mampu menahan gaya yang ditimbulkan oleh gempa bumi. Salah satu sistem yang digunakan dalam menahan gaya lateral diantaranya ialah Steel Plate Shear Wall. Analisis yang dilakukan pada penelitian ini adalah pengaruh penambahan perforasi pada arah diagonal tarik akibat pembebanan statik monotonik pada Steel Plate Shear Wall yang berupa nilai beban saat kondisi drift ratio 4% dan nilai kekakuan berada di daerah elastis linear. Terdapat 14 model yang digunakan pada penelitian ini, yaitu model tanpa perforasi, model dengan penambahan perforasi 1 diagonal (3,15% perforasi), sampai model dengan kondisi penuh (41% perforasi). Pemodelan dilakukan dengan software MSC. Patran dan analisis dilakukan dengan software MSC. Nastran. Variasi ketebalan pelat sebesar 1 mm dan 2 mm serta diameter lubang tetap yaitu 50 mm. Digunakan mutu baja BJ-37 pada pelat yang diteliti. Pada penelitian ini, pembebanan yang dilakukan yaitu pembebanan statik monotonik dengan kontrol perpindahan saat kondisi drift ratio 4%. Berdasarkan penelitian, hasil yang diperoleh adalah kurva beban perpindahan yang memuat informasi mengenai kekakuan. Terjadi penurunan nilai beban saat kondisi drift ratio 4% seiring dengan penambahan perforasi pada pelat dengan persentase rata-rata berkisar antara 14,13% - 44,89% pada kedua variasi ketebalan pelat. Penambahan perforasi serta variasi ketebalan pelat memberikan pengaruh yakni penurunan nilai kekakuan dengan rata-rata persentase gradien (perpindahan) sebesar 1,78%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nidiasari, M.T
Uncontrolled Keywords: Perforasi, Konfigurasi, Diagonal, Statik Monotonik, Kekakuan Struktur
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 17 May 2022 09:43
Last Modified: 17 May 2022 09:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/104054

Actions (login required)

View Item View Item