Pengembangan Produk Roti Sorgum Vla Dadih dengan Mempertimbangkan Preferensi Konsumen

Aufa, Hayuzikra (2022) Pengembangan Produk Roti Sorgum Vla Dadih dengan Mempertimbangkan Preferensi Konsumen. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 - Pendahuluan)
BAB 1 - Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V - Penutup)
BAB V - Penutup.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
1810932010 Aufa Hayuzikra - Draft Sidang.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengembangan produk baru penting dilakukan karena sangat erat kaitannya akan keberlangsungan bertahannya produk tersebut. Dengan melakukan pengembangan produk berdasarkan preferensi konsumen, peluang produk bertahan lama akan lebih besar. Sehingga minat pelanggan akan semakin meningkat begitu pula dengan penjualan yang semakin tinggi. Salah satu produk inovasi yang dilakukan oleh tim dosen Science Techno Park Universitas Andalas ialah Roti Sorgum Vla Dadih. Roti ini sangat kaya akan gizi hingga memiliki banyak manfaat di antaranya dapat mencegah stunting, menurunkan berat badan, dan juga mencegah kadar gula darah. Produk ini hanya memiliki satu varian yaitu roti sorgum yang didampingi dengan vla dadih. Oleh karena itu perlu dilakukan pengembangan produk baru yang mempertimbangkan preferensi konsumen pada produk Roti Sorgum Vla Dadih. Pengembangan produk baru pada penelitian ini menggunakan metode Conjoint Analysis untuk memperoleh kombinasi atribut dan level berdasarkan preferensi konsumen. Selanjutnya digunakan Tabulasi Silang dengan pendekatan Uji Chi-Square untuk memprediksi keinginan konsumen membeli produk Roti Sorgum Vla Dadih. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa terdapat lima atribut penting oleh konsumen dalam pengembangan produk roti yaitu atribut rasa, atribut tekstur, atribut kemasan, atribut topping, dan atribut kandungan gizi. Berdasarkan atribut dan level yang dianggap penting oleh konsumen diperoleh 25 kombinasi produk roti. Kombinasi produk terbaik yaitu rasa vla coklat dengan tekstur crunchy dan kemasan yang praktis. Topping yang dipilih pada kombinasi produk roti terbaik ini ialah keju dengan kandungan gizi rendah kalori. Selanjutnya diperoleh minat beli responden yang cukup tinggi baik berdasarkan pekerjaan maupun riwayat terakhir responden mengonsumsi roti. Responden yang bekerja sebagai karyawan memiliki persentase paling tinggi dibanding yang lainnya yaitu 53% dan responden dengan riwayat mengonsumsi roti lebih 3 bulan atau lebih memiliki persentase pasti akan membeli “Roti Sorgum Vla Dadih” sebesar 51%. Hal ini memungkinkan konsumen roti lainnya akan berpindah ke produk “Roti Sorgum Vla Dadih” melihat besarnya persentase responden pada skala pasti akan beli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prima Fithri,M.T
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 17 May 2022 06:56
Last Modified: 17 May 2022 06:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103955

Actions (login required)

View Item View Item