PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE DAN DIVERSIFIKASI TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN YANG MENERAPKAN ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP)

Nazhfiyani, KS (2022) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE DAN DIVERSIFIKASI TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN YANG MENERAPKAN ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img] Text (Tesis full text)
Tesis full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan bukti secara empiris pengaruh dari corporate governance dan diversifikasi terhadap kinerja keuangan pada perusahaan yang telah menerapkan enterprise resource planning. Variabel dependen (terikat) dalam penelitian ini ialah kinerja keuangan yang dinilai dengan Return On Asset. Terdapat dua variabel independen (bebas) dalam penelitian ini yaitu corporate governance dan diversifikasi. Corporate governance dinilai dengan menggunakan sepuluh indikator yaitu ukuran dewan komisaris, proporsi dewan komisaris independen, frekuensi rapat dewan komisaris, ukuran dewan direksi, proporsi dewan direksi independen, jumlah komite audit, frekuensi rapat komite audit, kosentrasi kepemilikan, kepemilikan manajerial, dan auditor eksternal. Diversifikasi diukur dengan banyaknya lini bisnis perusahaan. Studi ini menggunakan variabel kontrol yaitu ukuran perusahaan. Perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia dan termasuk ke dalam perusahaan manufaktur dijadikan populasi pada penelitian ini. Purposive sampling merupakan metode yang digunakan dalam penentuan sampel penelitian dan didapatkan 165 sampel dari perusahaan manufaktur yang memenuhi kriteria penelitian. Regresi linear berganda merupakan metode analisis dalam studi ini, dengan menggunakan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perusahaan manufaktur yang telah menerapkan enterprise resource planning, corporate governance tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan sedangkan diversifikasi memiliki pengaruh positif terhadap kinerja keuangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Rita Rahayu, SE, M.Si, Ak, CA
Uncontrolled Keywords: Corporate Governance, Diversifikasi, Enterprise Resource Planning
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 17 May 2022 04:46
Last Modified: 17 May 2022 04:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103926

Actions (login required)

View Item View Item