HUBUNGAN TEKANAN DARAH DAN KADAR LEUKOSIT SAAT AWAL RAWATAN DENGAN KEJADIAN NYERI KEPALA PASCA STROKE ISKEMIK DI RSUD PROF. DR. M. ALI HANAFIAH BATUSANGKAR

Ivena, Sabilla Rahma (2022) HUBUNGAN TEKANAN DARAH DAN KADAR LEUKOSIT SAAT AWAL RAWATAN DENGAN KEJADIAN NYERI KEPALA PASCA STROKE ISKEMIK DI RSUD PROF. DR. M. ALI HANAFIAH BATUSANGKAR. HUBUNGAN TEKANAN DARAH DAN KADAR LEUKOSIT SAAT AWAL RAWATAN DENGAN KEJADIAN NYERI KEPALA PASCA STROKE ISKEMIK DI RSUD PROF. DR. M. ALI HANAFIAH BATUSANGKAR. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrack.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir (Penutup/Kesimpulan))
BAB akhir (penutup).pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
BAB I (fix)-6_merged-dikompresi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Nyeri kepala pasca stroke iskemik addalah nyeri kepala yang diakibatkan oleh stroke iskemik dengan gejala menetap lebih dari tiga bulan setelah stroke stabil. Tekanan darah tinggi dan kadar leukosit yang tinggi saat awal rawatan dapat menyebabkan nyeri kepala pasca stroke iskemik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tekanan darah dan kadar leukosit saat awal rawatan dengan kejadian nyeri kepala pasca stroke iskemik. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan mengggunakan pendekatan cross sectional study dengan menggunakan teknik concecutive sampling pada pasien pasca stroke iskemik yang telah dirawat dan melakukan pengobatan di RSUD Prof. Dr. M. Ali Hanafiah Batusangkar periode Juni 2020 – Juni 2021. Data diperoleh dari data primer dan data sekunder pada bulan Februari 2022 – Maret 2022 dengan sampel 60 orang. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistic chi-square. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa mayoritas pasien stroke iskemik laki-laki (58,6%) dengan usia terbanyak pada kelompok usia >65 tahun. Mayoritas pasien memiliki hipertensi (60,3%) dan leukositosis (56,9%) saaat awal rawatan. Terdapat hubungan antara tekanan darah dan kadar leukosit saat awal rawatan dengan kejadian nyeri kepala pasca stroke iskemik dengan nilai signifikasi (p-value) masing masing nya yaitu 0,000 dan 0,002 (<0,005).Pada penelitian ini terdapat hubungan antara tekanan darah dan kadar leukosit saat awal rawatan dengan kejadian nyeri kepala pasca stroke iskemik.

Item Type: Article
Primary Supervisor: dr. Hendra Permana, Sp.S (K), M.Biomed Dra. Erlina Rustam, Apt.MS
Uncontrolled Keywords: Nyeri kepala pasca stroke iskemik, stroke iskemik, tekanan darah, kadar leukosit.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 17 May 2022 07:46
Last Modified: 17 May 2022 07:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103761

Actions (login required)

View Item View Item