Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 (Studi pada Perusahaan Sektor Hotel, Restoran dan Pariwisata yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI))

Sari, Febriani (2022) Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 (Studi pada Perusahaan Sektor Hotel, Restoran dan Pariwisata yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kinerja keuangan pada perusahaan sektor hotel, restoran dan pariwisata antara sebelum dan saat pandemi Covid-19. Periode penelitian berdasarkan laporan keuangan per triwulan mulai dari triwulan I sampai IV tahun 2019 (sebelum pandemi Covid-19) dan triwulan II sampai IV tahun 2020 dan triwulan I tahun 2021 (saat pandemi Covid-19). Kinerja keuangan perusahaan diukur dengan menggunakan rasio keuangan yaitu: Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Return On Equity (ROE), Total Assets Turnover (TATO) dan Earning Per Share (EPS). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor hotel, restoran dan pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga terdapat 21 sampel perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini untuk menguji hipotesis penelitian adalah Paired Sample T-Test. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada seluruh variabel kinerja keuangan yang diukur dengan Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Return On Equity (ROE), Total Assets Turnover (TATO) dan Earning Per Share (EPS) antara periode sebelum pandemi Covid-19 dan saat pandemi Covid-19. Hasil dari penelitian ini dapat memicu perusahaan sektor hotel, restoran dan pariwisata dalam melakukan inovasi dan promosi pada pemerintah dan pengusaha perusahaan serta bekerjasama dalam mengambil langkah strategis dan konsisten untuk memperbaiki kinerja keuangan industri hotel, restoran dan pariwisata di Indonesia pada periode selanjutnya agar perusahaan tidak berpotensi mengalami kebangkrutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra. Sri Dewi Edmawati, M.Si, Ak, CA
Uncontrolled Keywords: Pandemi Covid-19, kinerja keuangan, current ratio, debt to equity ratio, return on equity, total assets turnover, earning per share.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 17 May 2022 03:36
Last Modified: 17 May 2022 03:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103689

Actions (login required)

View Item View Item