STUDI KASUS: KESIAPSIAGAAN KELUARGA DENGAN IBU HAMIL DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI RW 07 KELURAHAN PASIE NAN TIGO

Ayatullah, Agung (2022) STUDI KASUS: KESIAPSIAGAAN KELUARGA DENGAN IBU HAMIL DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI RW 07 KELURAHAN PASIE NAN TIGO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
fulltext (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ibu hamil merupakan salah satu kelompok rentan saat terjadinya bencana. Ibu hamil membutuhkan perlindungan serta kebutuhan khusus yang berbeda dari masyarakat/korban bencana pada umumnya. Anggota keluarga merupakan penolong terdekat ibu hamil sehingga keluarga harus memeiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Anggota keluarga harus memiliki pengetahuan dan sikap yang baik mengenai bencana, memiliki rencana tanggap darurat seperti jalur evakuasi dan mempersiapkan perlengkapan ibu hamil ketika terjadi bencana, mengetahui sistem peringatan bencana, dan mempersiapkan tempat persalinan cadangan untuk ibu hamil ketika terjadinya bencana. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran kesiapsiagaan keluarga yang memiliki ibu hamil dalam mengahadapi bencana gempa bumi. Desain peada penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam yang berusaha menggali secara dalam kesiapsiagaan keluarga dengan ibu hamil dalam menghadapi bencana gempa bumi. Dalam penelitian ini terdapat 3 partisipan dengan hasil penelitian menunjukan bahwa didapatkan 4 tema, yaitu pengetahuan dan sikap mengahadapi bencana gempa bumi, rencana tanggap darurat, sistem peringatan bencana, dan mobilisasi keluarga dengan ibu hamil. Diharapkan keluarga dengan ibu hamil lebih meningkatkan kesiapsiagaan terhadap bencana gempa bumi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 14 May 2022 07:11
Last Modified: 14 May 2022 07:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103602

Actions (login required)

View Item View Item