PENERAPAN HOME MEDICATION REVIEW (HMR) DALAM MENILAI KEPATUHAN PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 TERHADAP PENGENDALIAN GULA DARAH DI PUSKESMAS PAUH KOTA PADANG

Lailiani, Resa (2022) PENERAPAN HOME MEDICATION REVIEW (HMR) DALAM MENILAI KEPATUHAN PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 TERHADAP PENGENDALIAN GULA DARAH DI PUSKESMAS PAUH KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (562kB)
[img] Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (562kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI SARJANA FARMASI_RESA LAILIANI_1811011001.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Diabetes Melitus terjadi akibat kurangnya insulin atau ketidakmampuan sel merespon insulin yang menyebabkan kadar glukosa tinggi atau hiperglikemi. Kepatuhan terhadap pengobatan antidiabetik menjadi faktor utama untuk mencapai keberhasilan terapi pada pasien diabetes melitus tipe 2. Salah satu cara untuk meningkatkan kepatuhan pasien dalam pengobatan adalah dengan adanya layanan Home Medication Review menggunakan metode Pill Count.. Penelitian ini menggunakan jenis Eksperimental dengan desain penelitian pretest-posttest with control group design yang dilakukan pada bulan Januari-Maret 2022. Sampel penelitian ini adalah pasien Diabetes Melitus Tipe 2 yang mengikuti program Prolanis di Puskesmas Pauh Kota Padang. Total sampel uji dalam penelitian ini sebanyak 60 pasien yang terbagi menjadi kelompok eksperimen (30 pasien) dan kelompok kontrol (30 pasien) yang dipilih secara random menggunakan Randbetween. Pengukuran tingkat kepatuhan dilakukan dengan menggunakan Pill Box dengan menghitung sisa obat dan Gula darah puasa dilihat dari hasil labor Puskesmas Pauh Kota Padang. Data dianalisis menggunakan uji Chi-Square untuk melihat perbedaan karakteristik pasien, uji Mann-Whittney untuk membandingkan tingkat kepatuhan pasien yang menggunakan Pill Box dengan yang tidak menggunakan Pill Box. Uji Independent T-Test untuk membandingkan Gula darah puasa pasien pada kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Home Medication Review dengan metode Pill Count dapat meningkatkan kepatuhan pasien P=0,033 (P<0,05) dan kontrol gula darah dengan P=0,000 (P<0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian Pill Box melalui Home Medication Review dapat meningkatkan kepatuhan dan ketercapaian kadar glukosa darah puasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: apt. Yelly Oktavia Sari, M.Pharm, Ph.D
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 14 May 2022 08:26
Last Modified: 04 Sep 2023 08:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103553

Actions (login required)

View Item View Item