Penerapan Home Medication Review (Hmr) Dalam Menilai Kepatuhan Terapi Pasien Hipertensi Dengan Metode Pill Count Di Puskesmas Pauh Kota Padang

PUTRI, SALSABILLA CAHYANINGTYAS (2022) Penerapan Home Medication Review (Hmr) Dalam Menilai Kepatuhan Terapi Pasien Hipertensi Dengan Metode Pill Count Di Puskesmas Pauh Kota Padang. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version

Download (951kB) | Preview

Abstract

Hipertensi merupakan suatu keadaan dimana tekanan darah seseorang berada diatas normal dengan nilai tekanan darah ≥140/90 mmHg setelah dilakukan pengecekan tiga kali berturut-turut. Pasien hipertensi adalah salah satu pasien yang memiliki tingkat kepatuhan pengobatan yang rendah. Kepatuhan dalam pengobatan adalah faktor terpenting dalam mengontrol tekanan darah pasien. Salah satu cara meningkatkan kepatuhan pasien adalah dengan penerapan Home Medication Review (HMR). Salah satu caranya dengan menilai kepatuhan pasien menggunakan metode pill count. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepatuhan dan outcome klinis pasien hipertensi pada kelompok yang menggunakan pill box dan tidak menggunakan pill box. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari-Maret 2022. Jenis penelitian ini adalah eksperimental dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian merupakan pasien hipertensi yang tergabung dalam program Prolanis di Puskesmas Pauh Kota Padang. Total sampel uji pada penelitian ini berjumlah 70 responden yang terbagi menjadi dua kelompok yakni 35 kelompok perlakuan (menggunakan pill box) dan 35 kelompok kontrol (tidak menggunakan pill box) yang dipilih secara acak menggunakan Randbetween. Tingkat kepatuhan responden diukur dengan menghitung jumlah sisa obat pasien. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan kepatuhan terapi pada kelompok pill box sebesar 7,971; penurunan tekanan darah sistolik sebesar 8,571; dan diastolik sebesar 4,343. Pada uji statistik, terdapat perbedaan yang significant antara penggunan pill box ataupun non pill box pada tingkat kepatuhan pasien dengan nilai 0,000, tekanan darah sistolik 0,021 dan diastolik 0,028 (p<0,05). Dengan demikian, terdapat perbedaan kepatuhan dan outcome klinis pasien yang menggunakan pill box dengan yang tidak menggunakan pill box.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: apt. Yelly Oktavia Sari, M.Pharm, Ph.D
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 14 May 2022 08:23
Last Modified: 14 May 2022 08:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103519

Actions (login required)

View Item View Item