PENERAPAN EDUKASI KEBENCANAAN TERHADAP KESIAPSIAGAAN LANSIA DALAM MENGHADAPI GEMPA BUMI DI RW.09 KELURAHAN PASIE NAN TIGO

Tri ulfa, Amelda (2022) PENERAPAN EDUKASI KEBENCANAAN TERHADAP KESIAPSIAGAAN LANSIA DALAM MENGHADAPI GEMPA BUMI DI RW.09 KELURAHAN PASIE NAN TIGO. Other thesis, Universitas andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
BAB I.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 pendahuluan)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img] Text (Full text kia)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Faktor utama dalam kesiapsiagaan bencana pada lansia adalah pengetahuan, karena pengetahuan menjadi domain untuk terbentuknya tindakan lansia dalam bersikap siap siaga dalam mengantisipasi bencana. Untuk.meningkatkan.kemampuan lansia dalam menghadapi bencana perlu diberikan pendidikan bencana. .Tujuan penelitian. ini adalah untuk mengetahui.pengaruh.penerapan.pendidikan.bencana.terhadap.kesiapsiagan lansia dalam menghadapi bencana gempa bumi. Studi kasus ini merupakan penelitian dengan metode quasy exsperiment design dengan rancangan one group pretest and posttest design..Teknik .pengambilan sampel menggunakan pusposive.sampling dengan jumlah sampel sebanyak.14 orang. Analisa data menggunakan uji T Dependen. Hasil.penelitian menunjukkan.terdapat pengaruh.pendidikan bencana terhadap kesiapan lansia menghadapi bencana dengan nilai p.value.0.000. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan bagi kelurahan dan keluarga lansia agar dapat mendukung lansia dalam meningkatkan kesiapsiagaan. Serta meningkatkan partisipasi dan.keaktifan lansia dalam pendidikan bencana agar lansia dapat melakukan tindakan yang tepat untuk menyelamatkan diri saat terjadi gempa.bumi. Kata Kunci : Pendidikan, Bencana, Kesiapsiagaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 13 May 2022 08:28
Last Modified: 13 May 2022 08:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103504

Actions (login required)

View Item View Item