Amelia, Pratika (2022) KONSTRUKSI PANGGILAN “AYAH” DALAM MEMBANGUN BRANDING NASRUL ABIT PADA KAMPANYE PILKADA SUMATERA BARAT 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (COVER ABSTRAK)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version Download (224kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (96kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version Download (78kB) | Preview |
|
Text (FULL PERPUS)
FULL PERPUS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Menjelang Pilkada Sumatera Barat 2020, salah satu calon gubernur yaitu Nasrul Abit berusaha membangun personal branding dengan panggilan “Ayah”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna dari panggilan “Ayah” yang diperlihatkan dalam unggahan akun media sosial Nasrul Abit dengan pendekatan analisis wacana kritis Van Dijk, dan untuk mengetahui bagaimana kinerja Nasrul Abit serta tim sukses sebagai aktor di belakang akun media sosial untuk tujuan kampanye. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif- naratif. Penelitian difokuskan pada analisis personal branding yang berusaha dibentuk oleh Nasrul Abit melalui panggilan “Ayah”nya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Nasrul Abit melalui akun @nasrulabit mengoptimalkan unggahan yang mengandung wacana “Ayah” baik melalui foto maupun video. “Ayah” baru diperkenalkan pada publik diawal masa kampanye. Personal branding yang ingin dibentuk dalam panggilan “Ayah” adalah sosok pemimpin yang dapat membimbing masyarakatnya. “Ayah” disini juga diartikan sebagai sosok yang mengerti dengan kebutuhan masyarakat termasuk kalangan usia muda. Namun, dari hasil suara keseluruhan yang didapatkan terlihat bahwa isu jargon “Ayah” kurang memberi pengaruh. Berbeda dengan hasil suara di Pesisir Selatan yang merupakan daerah asal Nasrul Abit menjadi penyumbang suara terbanyak. Data ini menunjukkan bahwa isu kedaerahan lebih berpeluang mendatangkan suara dibanding dengan isu jargon “Ayah” yang digunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Vitania Yulia, MA |
Uncontrolled Keywords: | calon gubernur, image, Instagram, personal branding, Pilkada |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 13 May 2022 08:12 |
Last Modified: | 13 May 2022 08:12 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103489 |
Actions (login required)
View Item |