Hubungan Oral Health Literacy dan Self Efficacy Terhadap Pembentukan Perilaku Kesehatan Gigi dan Mulut Lansia di Posyandu Lansia Kelurahan Ganting Kota Padang Panjang

Shania, Azzira (2022) Hubungan Oral Health Literacy dan Self Efficacy Terhadap Pembentukan Perilaku Kesehatan Gigi dan Mulut Lansia di Posyandu Lansia Kelurahan Ganting Kota Padang Panjang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (920kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut pada lansia menjadi perhatian penting dalam menjaga kesehatan umum lansia dan menjadi indikator kuat untuk menentukan kualitas hidup lansia. Ketersediaan akses informasi dan pelayanan kesehatan menjadi tolak ukur kemampuan lansia dalam menerima, memproses, dan memahami informasi kesehatan gigi dan mulut. Perilaku kesehatan gigi dan mulut tidak terlepas dari pengaruh motivasi diri pada lansia. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Oral Health Literacy dan Self Efficacy dalam pembentukan perilaku kesehatan gigi dan mulut lansia di Kelurahan Ganting Kota Padang Panjang. Metode Penelitian: Jenis penelitian adalah analitik observasional dengan desain cross sectional. Sampel penelitian dipilih 60 orang menggunakan teknik consecutive sampling yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung menggunakan kuesioner yang terdiri dari 3 aspek: kuesioner Health Literacy in Dentistry-14, kuesioner Self Efficacy, dan kuesioner perilaku kesehatan gigi dan mulut. Hasil: Hasil uji statistik menunjukkan tingkat Oral Health Literacy yang memadai (46,7%), tingkat Self Efficacy yang sedang (46,7%), dan perilaku kesehatan gigi dan mulut yang kurang baik (55%). Hubungan bermakna antara tingkat Oral Health Literacy dengan perilaku kesehatan gigi dan mulut (p-value < 0,001). Hubungan bermakna antara tingkat Self Efficacy dengan perilaku kesehatan gigi dan mulut (p-value < 0,001).Kesimpulan: Terdapat hubungan antara tingkat Oral Health Literacy yang memadai dan tingkat Self Efficacy yang sedang terhadap pembentukan perilaku kesehatan gigi dan mulut yang kurang baik pada lansia di Kelurahan Ganting Kota Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. drg. Lendrawati, MDSc
Uncontrolled Keywords: Health Literacy in Dentistry-14 (HeLD-14), Lansia, Oral Health Literacy (OHL), Perilaku, Self Efficacy.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 13 May 2022 07:22
Last Modified: 13 May 2022 07:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103473

Actions (login required)

View Item View Item