Fabiolla, Monica (2022) FENOMENA PERUBAHAN PERILAKU KOMUNIKASI KONSUMEN GOJEK DI KOTA PADANG PADA MASA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (522kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version Download (353kB) | Preview |
|
|
Text (Bab akhir)
Bab akhir.pdf - Published Version Download (271kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (226kB) | Preview |
|
Text
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) dirasakan peneliti telah menciptakan berbagai macam fenomena, seperti mempengaruhi perilaku konsumen dan pola interaksi konsumen harus sesuai dengan protokol kesehatan serupa menggunakan masker, menggunakan face-shield, dan social distancing ketika menggunakan jasa transportasi online. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana konsumen GOJEK memaknai perubahan perilaku konsumen terhadap layanan GOJEK pada masa pandemi COVID-19. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa bentuk penyesuaian perilaku komunikasi konsumen GOJEK pada masa pandemi COVID-19 serta untuk mengetahui bagaimana konsumen mengambil keputusan memilih GOJEK dan penafsiran makna dari pengalaman konsumen menggunakan GOJEK pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara secara mendalam. Adapun teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Konstruksi Sosial oleh Peter L. Berger dan Thomas Luckmann, teori ini memiliki tujuan membimbing perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari serta menggambarkan kenyataan menurut akal sehat. Selain teori Konstruksi Sosial, penelitian ini juga didukung dengan menggunakan beberapa konsep seperti Fenomenologi, Perilaku Komunikasi, Perilaku Konsumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perubahan perilaku konsumen ditemukan bentuk penyesuaian verbal dan non-verbal yang sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku, baik dari pemerintah maupun dari aplikasi GOJEK. Konsumen dalam keputusan memilih aplikasi GOJEK pada masa pandemi COVID-19 dipengaruhi banyak faktor penentu, seperti konstruksi sosial, makna penggunaan, dan faktor-faktor pada perilaku konsumen seperti sosial budaya dan pribadi. Untuk penelitian berikutnya diharapkan bisa lebih fokus kepada perusahaan dalam menanggapi perubahan perilaku konsumen.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom |
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Konsumen, Perilaku Komunikasi, Pandemi COVID-19, Kota Padang |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 13 May 2022 08:18 |
Last Modified: | 13 May 2022 08:18 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103462 |
Actions (login required)
View Item |