PENERAPAN HOME MEDICATION REVIEW (HMR) DALAM MENILAI KEPATUHAN PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG

Mariza, Wilnando (2022) PENERAPAN HOME MEDICATION REVIEW (HMR) DALAM MENILAI KEPATUHAN PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN..pdf - Published Version

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR..pdf - Published Version

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Diabetes Melitus Tipe 2 merupakan penyakit metabolik ditandai dengan hiperglikemia kronis yang disebabkan oleh penurunan sensitivitas terhadap insulin. Prevalensi diabetes melitus setiap tahunnya terus mengalami peningkatan, tetapi kepatuhan pasien terhadap pengobatan tergolong masih rendah. Home Medication Review (HMR) adalah layanan kefarmasian berpusat pada pasien yang bertujuan membantu pasien yang tinggal di rumah dengan meninjau kepatuhan untuk mengoptimalkan pengobatan. Kepatuhan minum obat menentukan keberhasilan terapi dan mencegah terjadinya komplikasi. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepatuhan dan outcome klinis pasien diabetes melitus tipe 2 di Puskesmas Andalas Kota Padang. Penelitian eksperimental dengan desain penelitian pretest-posttest control group design ini dilaksanakan pada bulan Januari-Maret 2022 di Puskesmas Andalas dengan jumlah subjek 62 responden yang dipilih secara acak kemudian dibagi menjadi dua yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan pillbox dan kelompok kontrol yang tidak penggunaan pillbox. Penelitian ini menggunakan metode Pill Count untuk menilai kepatuhan terapi pasien. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kepatuhan pasien diabetes melitus tipe 2 yang menggunakan pillbox sebesar 7,360 %, dan penurunan gula darah pasien yang menggunakan pillbox sebesar 61,161 mg/dL. Uji statistik Mann-Whitney Test menunjukkan terdapat perbedaan signifikan tingkat kepatuhan pasien diabetes melitus tipe 2 menggunakan pillbox dengan yang tidak menggunakan pillbox dengan nilai p= 0,011 (p <0,05). Selain itu, terdapat perbedaan signifikan gula darah pasien diabetes melitus tipe 2 menggunakan pillbox dengan yang tidak menggunakan pillbox dengan nilai p= 0,007 (p <0,05).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 13 May 2022 04:35
Last Modified: 13 May 2022 04:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103439

Actions (login required)

View Item View Item