Analisi Komunikasi Krisis Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Studi Kasus Kebijakan Sistem Zonasi PPDB Online 2020)

Ainun, Rifqiya Madani (2022) Analisi Komunikasi Krisis Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Studi Kasus Kebijakan Sistem Zonasi PPDB Online 2020). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1 COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I (Pendahuluan))
2 BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V (Penutup dan Kesimpulan))
3 BAB V (PENUTUP DAN KESIMPULAN).pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
5 SKRIPSI AINUN RIFQIYA MADANI 1710862005.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Komunikasi krisis merupakan proses menyebarkan informasi yang diperlukan untuk mengatasi situasi di saat terjadinya sebuah krisis. Komunikasi krisis merupakan bagian dari manajemen krisis. Manajemen krisis yang dilakukan oleh praktisi public relations atau hubungan masyarakat (humas) sebagian besarnya adalah upaya komunikasi. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan komunikasi krisis yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat dalam menangani kasus kebijakan sistem zonasi PPDB online 2020 dan untuk menganalisis manajemen krisis pada tahapan pasca krisis yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat terkait kebijakan sistem zonasi PPDB online 2020. Penelitian ini menggunakan Situational Crisis Communication Theory (SCCT) untuk menganalisis hasil penelitian. Paradigma yang digunakan pada penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen krisis pada tahapan pasca krisis yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat berbentuk evaluasi dan monitoring sehingga melalui proses evaluasi dan monitoring Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat menyimpulkan bahwa masih lekat citra negatif tentang instansi yang tinggal dalam benak masyarakat. Informasi tersebut berbanding terbalik dengan pernyataan masyarakat yang mengakui bahwa reputasi atau citra Dinas Pendidikan Sumatera Barat sudah mulai membaik di tahun 2021. Strategi komunikasi krisis sudah dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat saat dilanda krisis terkait kebijakan PPDB zonasi online 2020. Dalam pelaksanaannya, meskipun ada beberapa strategi yang dirasa oleh masyarakat eksekusinya kurang tepat, tetapi secara keseluruhan strategi komunikasi krisis yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan diakui berhasil dalam menyelesaikan krisis PPDB 2020.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sarmiati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Citra, Hubungan Masyarakat, Komunikasi Krisis, Pasca Krisis.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 12 May 2022 04:23
Last Modified: 12 May 2022 04:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102836

Actions (login required)

View Item View Item