PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA TENTANG KESIAPSIAGAAN DAN TRIAGE BENCANA DI RW 09 KELURAHAN PASIE NAN TIGO KOTA PADANG 2021

Azlina, Fithra Sari (2022) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA TENTANG KESIAPSIAGAAN DAN TRIAGE BENCANA DI RW 09 KELURAHAN PASIE NAN TIGO KOTA PADANG 2021. Diploma thesis, Uniuversitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img] Text (Kia full taxt)
KIA AZLINA FITHRA SARI, S.Kep.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Seiring dengan peningkatan angka kejadian bencana dibutuhkan manajemen bencana yang tepat diantaranya adalah kesiapsiagaan dan triage bencana. Dalam pelaksanaannya masyarakat termasuk remaja berperan penting untuk mengurangi risiko bencana. Hal ini dapat dicapai dengan memberikan pengetahuan yang tepat kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan remaja tentang kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan triage di RW 09 Kelurahan Pasie Nan Tigo Kota Padang Tahun 2021. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimen dengan metode One Group Pretest-Posttest, yang dilakukan kepada 23 remaja dari desember 2021 – januari 2022. Pengetahuan dinilai menggunakan kuesioner pengetahuan tentang kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan triage. Pendidikan kesehatan diberikan dengan metode ceramah dengan menggunakan media lembar balik dan leaflet. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor pengetahuan responden sebelum diberikan pendidikan kesehatan adalah 17,17 meningkat menjadi 26,83 setelah diberikan pendidikan kesehatan. Hasil uji statistic paired t test didapatkan nilai p = 0,000. Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pendidikan kesehatan tentang kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan triage terhadap pengetahuan remaja. Diharapkan pelayanan kesehatan dapat melibatkan remaja sebagai upaya pemberdayaan masyarakat serta membentuk kader remaja siap bencana dalam pengurangan risiko bencana melalui pendidikan kesehatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ns. Lili Fajria, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Kesiapsiagaan Bencana, Pendidikan Kesehatan, Remaja, Triage
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 12 May 2022 04:39
Last Modified: 12 May 2022 04:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102824

Actions (login required)

View Item View Item