Gambaran Kepatuhan Remaja dalam Menerapkan Protokol Kesehatan pada Masa Pandemi Covid-19 di RW 10 Kelurahan Pasie Nan Tigo Kota Padang Tahun 2022

Yunia, Zaida Putri (2022) Gambaran Kepatuhan Remaja dalam Menerapkan Protokol Kesehatan pada Masa Pandemi Covid-19 di RW 10 Kelurahan Pasie Nan Tigo Kota Padang Tahun 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (516kB) | Preview
[img] Text (KIA Full Text)
KIA FULL TEXT YUNIA ZAIDA PUTRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kebiasaan remaja melakukan aktifitas diluar rumah bersama teman sebaya dengan tidak menjaga jarak dan melepas masker akan mengakibatkan remaja akan lebih berpotensi untuk tertular penyakit COVID-19. Meskipun kelompok remaja bukanlah kelompok rentan terinfeksi COVID-19, remaja memiliki potensi terinfeksi COVID-19 dengan gejala minimal maupun tanpa gejala dan menularkan terhadap kelompok lebih beresiko tanpa disadari. Pemutusan rantai penularan dilakukan dengan mengikuti standar kesehatan yang ketat yaitu menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran kepatuhan remaja dalam menerapkan protokol kesehatan pada masa pandemi COVID-19 di RW 10 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 79 responden yang merupakan remaja di RW 10 Kelurahan Pasie Nan Tigo dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner kepatuhan remaja menerapkan protokol kesehatan yang menilai 4 aspek kepatuhan yaitu perilaku social distancing, menjaga kebersihan dan mencuci tangan, penggunaan masker dan etika batuk. Hasil yang didapatkan bahwa sebagian besar remaja (54,4%) tidak patuh dalam menerapkan protokol kesehatan pada masa pandemi COVID-19. Berdasarkan hasil penelitian ini, sangat diperlukan pemberian intervensi yang tepat untuk peningkatan kepatuhan remaja terhadap protokol kesehatan terutama pada remaja usia pertengahan dengan tingkat pendidikan SMA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Feri Fernandes, M. Kep, Sp. Kep. J
Uncontrolled Keywords: COVID-19, kepatuhan, protokol kesehatan, remaja
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 11 May 2022 02:28
Last Modified: 11 May 2022 02:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102745

Actions (login required)

View Item View Item