KOMUNIKASI PELAYANAN KESEHATAN DI RSUD ADNAAN WD PAYAKUMBUH (Studi Fenomenologi pada Masyarakat Miskin dalam Mendapatkan Pelayanan Kesehatan)

Muthiah, Sabira (2022) KOMUNIKASI PELAYANAN KESEHATAN DI RSUD ADNAAN WD PAYAKUMBUH (Studi Fenomenologi pada Masyarakat Miskin dalam Mendapatkan Pelayanan Kesehatan). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img] Text (Skripsi fulltext)
skripsi fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview

Abstract

Komunikasi merupakan salah satu aspek penting dalam terlaksananya pelayanan kesehatan, sementara itu komunikasi yang baik dan efektif yang terjadi antara penyedia layanan kesehatan dengan pengguna layanan kesehatan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan guna tercapainya kualitas pelayanan kesehatan yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menggali bagaimana jalannya komunikasi pelayanan kesehatan berdasarkan pengalaman pasien miskin saat memperoleh pelayanan kesehatan di RSUD Adnaan WD Payakumbuh. Untuk menganalisis fenomena yang terjadi, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi melalui analisis data Interpretative Phenomenological Analysis, selain itu, wawancara dan observasi terhadap pasien miskin juga dilakukan guna memperoleh data yang mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam terlaksananya pelayanan kesehatan di RSUD Adnaan WD Payakumbuh masih terjadi beberapa masalah yang dirasakan masyarakat miskin dalam memperoleh pelayanan kesehatan mereka, terdapat beberapa poin penting dalam perolehan konsep pelayanan kesehatan berdasarkan pengalaman pasien, diantaranya adalah bagaimana ketersediaan pelayanan kesehatan yang dirasakan, pelayanan kesehatan yang secara keseluruhan belum memberikan kepuasan pada pasien dan juga bentuk komunikasi yang tidak menunjukkan terjadinya komunikasi efektif. Dengan persoalan-persoalan yang terjadi, seringkali dianggap sebagai hal yang sepele dan tidak mendapatkan perhatian khusus bagi pihak terkait. Pemaknaan dari pengalaman komunikasi masyarakat miskin dalam mendapatkan pelayanan kesehatan membentuk pandangan masyarakat yang tidak sepenuhnya positif terhadap pelayanan kesehatan di RSUD Adnaan WD Payakumbuh, dimana prasangka awal masyarakat sebelum mendapatkan pelayanan kesehatan terdapat stigma bahwa pelayanan kesehatan yang terjadi di RSUD biasanya tidaklah maksimal, dan setelah memperoleh pelayanan kesehatan, pasien merasakan sendiri sedikit banyaknya pelayanan yang tidak baik tersebut terjadi terhadap mereka, namun kemampuan pasien dalam menyampaikan perasaannya dan juga dalam menanyakan hak-hak mereka masih terbilang minim.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pelayanan Kesehatan, Pasien Miskin, Interpretative Phenomenological Analysis
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 11 May 2022 06:46
Last Modified: 11 May 2022 06:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102713

Actions (login required)

View Item View Item