STUDI KASUS :PERSEPSI KESIAPSIAGAAN LANSIA MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI RW 014 KELURAHAN PASIE NAN TIGO KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG 2021

Yuna, Fitri (2022) STUDI KASUS :PERSEPSI KESIAPSIAGAAN LANSIA MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI RW 014 KELURAHAN PASIE NAN TIGO KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
kia yuna fitri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Gempa bumi merupakan salah satu bencana alam yang sewaktu-waktu bisa terjadi kapan saja, untuk itu kesiapsiagaan bencana sangat diperlukan untuk mengurangi dampak dari gempa bumi terutama pada lansia yang masuk ke dalam kelompok rentan. Salah satu hal yang berhubungan dengan kesiapsiagaan bencana ini adalah persepsi seseorang, persepsi yang baik akan meningkatkan kesiapsiagaan seseorang dalam menghadapi bencana gempa bumi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi kesiapsiagaan lansia dalam menghadapi bencana gempa bumi pada lansia di RW 014 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposivesampling.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur. Jumlah partisipan dalam penelitian ini sebanyak 5 partisipan. Hasil wawancara menemukan 2 tema yang menjelaskan mengenai persepsi kesiapsiagaan lansia dalam bencana gempa bumi, yaitu : 1) pengetahuan lansia mengenai bencana gempa bumi dan 2) kemampuan lansia dalam kesiapsiagaan bencana gempa bumi. Diharapkan adanya peningkatan pengetahuan dan kemampuan lansia mengenai kesiapsiagaan gempa bumi yang meliputi persiapan tas siaga bencana, hal yang bisa dilakukan lansia jika terjadi bencana gempa bumi dan keikutsertaan lansia dalam penyuluhan mitigasi bencana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hema Malini, S.Kep.,MN.PhD
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 09 May 2022 08:28
Last Modified: 09 May 2022 08:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102263

Actions (login required)

View Item View Item