Pengaruh Penambahan Ekstrak Daun Mint (Mentha piperita) Terhadap Karakteristik Permen Keras Daun Kelor (Moringa oleifera)

Alprialdi, Ferdi (2022) Pengaruh Penambahan Ekstrak Daun Mint (Mentha piperita) Terhadap Karakteristik Permen Keras Daun Kelor (Moringa oleifera). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab V penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img] Text
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan konsentrasi penambahan ekstrak daun mint terhadap karakteristik permen keras daun kelor dan untuk menentukan konsentrasi ekstrak terbaik berdasarkan analisis kimia, analisis fisika dan analisis sensorik terhadap penerimaan permen keras. Desain eksperimental yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan. Data dianalisis secara statistik dengan ANOVA dan jika berbeda secara signifikan akan diikuti dengan New Multiple Range Test (DNMRT) dengan signifikansi 5%. Perlakuan pada penelitian ini adalah penambahan ekstrak daun mint 0%, 0,5%, 1,5%, 2,5% dan 3,5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan ekstrak daun mint berpengaruh terhadap sifat kimia, fisik dan sensorik permen keras. Berdasarkan karakteristik kimia, fisik dan sensorik pada penerimaan produk permen keras, yang terbaik adalah permen keras dengan penambahan 0,5% ekstrak daun mint dengan nilai analisis kimia meliputi, kadar air 1,83%, kadar abu 0,38%, pH 6,00, antioksidan 22,10%, kadar gula reduksi 21,25%, kekerasan 206,26 kg, warna 3,85, aroma 3,90, rasa 3,85 dan tekstur 3,60. Kata kunci : ekstrak daun mint, karakteristik, permen keras, sari daun kelor

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:12
Last Modified: 26 Apr 2022 03:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102063

Actions (login required)

View Item View Item