Inovasi Pelayanan Publik "Salam Sapa Ke Pintu Rumah" Oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan

Vany, Anathasyia (2022) Inovasi Pelayanan Publik "Salam Sapa Ke Pintu Rumah" Oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan. Inovasi Pelayanan Publik "Salam Sapa Ke Pintu Rumah" Oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (984kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB Akhir (Kesimpulan & Saran).pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kabupaten Pesisir Selatan merupakan kabupaten kedua yang memiliki luas wilayah terbesar di Provinsi Sumatera Barat yang terdiri dari 15 kecamatan. Painan yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Pesisir Selatan, berada sangat jauh dari domisili sebagian besar masyarakat. Sehingga membuat masyarakat sulit untuk mendapatkan akses pelayanan yang efektif dan efisien. Untuk mengatasi hal tersebut Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan pada tahun 2017 mendirikan Unit Kerja Layanan di setiap kecamatan dan diikuti dengan diluncurkannya inovasi Salam Sapa Ke Pintu Rumah (Sistem Administrasi Pelayanan Masyarakat Sampai Ke Pintu Rumah) pada tahun 2018 untuk lebih mendekatkan dan memudahkan pelayanan administrasi kepada masyarakat. Inovasi Salam Sapa Ke Pintu Rumah terdiri dari beberapa layanan, salah satunya yaitu “layanan Pass Nikah” dimana layanan ini ditujukan untuk pasangan yang baru saja melangsungkan pernikahan. Penelitian ini menggunakan teori atribut inovasi M. Rogers dengan 5 variabel antara lain Keuntungan Relatif (Relative Advantage), Kesesuaian (Compatibility), Kerumitan (Complexity), Kemungkinan Dicoba (Triability) dan Kemudahan Diamati (Observability). Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan pengelompokkan data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi Salam Sapa Ke Pintu Rumah (Layanan Pass Nikah) merupakan suatu terobosan yang sangat baik dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan untuk memudahkan masyarakat yang baru saja melangsungkan pernikahan untuk mendapatkan dokumen kependudukan dengan status yang baru. Inovasi Salam Sapa Ke Pintu Rumah (Layanan Pass Nikah) dapat dikatakan sudah berjalan dengan baik dimana inovasi ini memberikan manfaat bukan hanya untuk masyarakat namun untuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil itu sendiri serta Layanan Pass Nikah juga memenuhi indikator-indikator dari 5 atribut inovasi menurut M Rogers. Dalam pelaksanaan Layanan Pass Nikah terdapat kerumitan apabila ada masyarakat yang salah satu pasangannya tidak berada pada satu kecamatan selain itu juga terdapat kendala seperti kurangnya SDM dan jaringan yang bermasalah sehingga dapat menghambat jalannya layanan pass nikah.

Item Type: Article
Primary Supervisor: Dr. Roni Ekha Putera, SIP, M.PA
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Inovasi, Salam Sapa Ke Pintu Rumah, Layanan Pass Nikah
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 22 Apr 2022 07:21
Last Modified: 22 Apr 2022 07:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101929

Actions (login required)

View Item View Item